Published On: Kam, Agu 31st, 2017

Jabatan Sekdes Jadi Pilihan PNS dan Kades

seputartuban.com, TUBAN – Para Kepala Desa (Kades) diberikan keleluasaan mengajukan personil Sekretaris Desa (Sekdes) dari kalangan Pegawai Negeri Sipil (PNS) kepada Bupati Tuban. Sedangkan bagi Sekdes yang saat ini sudah diangkat menjadi PNS juga diberikan kelulasaan untuk memilih bekerja sebagai perangkat desa atau menjadi staf di kantor pemerintahan jajaran Pemkab Tuban.

DASAR SEKDES : Sosialisasi Peraturan Bupati (Perbup) nomor 30 tahun 2017 tentang perangkat desa di Pendopo Krido Manunggal Pemkab Tuban, Rabu (30/8/2017)

Hal itu sesuai dengan Peraturan Bupati (Perbup) nomor 30 tahun 2017 tentang perangkat desa, serta menindak lanjuti tentang  Peraturan Pemerintah Nomor  43 Tahun 2014. Hal ini sebelumnya menjadi polemik dikalangan desa. Karena ada Kades yang sudah tidak mau dengan personil Sekdes yang masih menjabat, ada juga Kades yang masih ingin memiliki Sekdes yang sudah berstatus PNS tersebut bekerja di Pemdes yang dipimpinnya.

Kondisi serupa terjadi dikalangan Sekdes. Ada yang ingin tetap bekerja di Pemdes. Juga sebagian lainya Sekdes memilih bekerja di jajaran kantor Pemkab, begitupun lainya ada yang tetap ingin menjadi perangkat desa.  Dengan adanya Perbup tersebut menjadi jalan tengah atas polemik yang belum lama terjadi ini.

Dalam aturan itu, mekanismenya melalui Badan Kepedawaian Daerah (BKD). Seluruh sekdes yang saat ini menjabat pada bidang tersebut akan ditarik dan diberikan surat bebas tugas sementara dalam kurun waktu 20 hari sebelum ditempatkan pada kantor kecamatan. Atau instansi pemerintahan yang ditunjuk sesuai dengan bidang kemampuanya.

Kemudian, Kepala Desa diwajibkan untuk mengajukan kepada Bupati Tuban jika menghendaki PNS tersebut tetap menjabat sebagai Sekdes atas sepengetahuan Sekdes. Sedangkan Bupati, berhak menerima maupun menolak permohonan tersebut dalam kurun waktu 20 hari terhitung surat bebas tugas itu diberikan.

Kemudian jika permohonan tersebut disetujui Bupati, Kepala Desa berkewajiban membuat Surat Keputusan (SK) pengangkatan Sekdes. “Jadi yang kami undang ini hanya Kepala Desa dan Sekdes-nya. Tentang materi,  isinya bahwa sekdes  itu dipersilahkan kembali menjabat sebagai PNS atau tetap memilih sebagai Sekdes,” jelas

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, dan Keluarga Berencana (KB) Kabupaten Tuban, Mahmudi, Rabu (30/8/2017) siang.

Menurut dia, perihal pengankatan Sekdes tersebut juga berlaku pula bagi desa-desa lain yang saat ini belum memiliki Sekdes diwilayahnya. Sedangkan PNS yang terpilih kembali, mereka akan dibebas tugaskan sementara dari jabatanya selama menjadi perangkat desa tanpa kehilangan hak sebagai PNS.

“Untuk sementara mereka berstatus sebagai perangkat murni , sehingga nanti kedepan juga kena aturan perangkat. Terkait dengan bengkok dan lain-laianya tinggal menyesuaikan dengan peraturan yang ada,” pungkasnya. ARIF AHMAD AKBAR

Facebook Comments

About the Author