Published On: Sab, Mar 15th, 2014

Isi Liburan UAS, Siswa Ikut Melipat Surat Suara

Share This
Tags

KEREK

seputartuban.com – Sebanyak 20 pelajar siswa Madrasah Aliyah (MA) Kelas X dan XI, di Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban memanfaatkan liburan sekolah dengan ikut melipat surat suara Pemilu Legislatif (Pileg) 2014, di Kantor Kecamatan Kerek, Jum’at (14/3/2014).

SIBUK : Siswa MA Kerek saat melipat surat suara PPK Kerek

SIBUK : Siswa MA Kerek saat melipat surat suara PPK Kerek

Para siswa ini sedang libur sekolah karena kelas XII sedang melaksanakan Ujian Akhir Sekolah (UAS). Sehingga pihak sekolah meliburkan siswa tingkat dibawahnya.  Nadhirotin (17), siswa Kelas XI MA Salafiyah Kerek, saat diwawancarai mengatakan dia ikut melipat surat suara agar mendapat honor yang akan dipakai untuk menambah uang sakunya.

“Ini libur karena kelas XII sedang melaksanakan UAS, kita libur 10 hari, besok tanggal 20 Maret baru masuk lagi. Saya baru hari ini ikut melipat surat suara, karena baru dimulai hari ini,” ungkapnya.

Terpisah, Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kerek, Sentono saat ditemui dikantornya, Jum’at (14/3/2014) mengatakan pelipatan surat suara dengan memperkerjakan sebanyak 20 siswa. Namun direncanakan akan ditambah lagi, untuk mempercepat proses pelipatan segera selesai.  “Hari ini kita baru siapkan 20 orang, rata-rata mereka pelajar SMA, karena hari ini libur sekolah. Besok akan dilakukan penambahan tenaga lagi biar lebih cepat selesai,” kata Sentono.

Alasan memakai tenaga para pelajar yang libur sekolah itu, selain sulitnya mencari tenaga juga untuk menjaga netralitas, agar keamanan surat suara terjamin. Untuk setiap lembarnya diberi upah Rp. 75, anggaran dari KPUD Tuban Rp. 100. Sisanya untuk membayar pajak, biaya tersebut turun dibandingkan Pemilu sebelumnya, untuk pemilu sebelumnya biaya pelipatan untuk tiap lembarnya Rp.150.

“Kita tidak memotong, tetapi biaya dari KPUD turun dibandingkan Pemilu yang lalu. Kita diharuskan membayar pajak, makanya biaya pelipatan untuk tiap lembarnya kita kasih Rp.75,” sambungnya.

Setelah dilakukan pemisahan, dihari pertama ini ditemukan sebanyak 22 lembar surat suara untuk DPR RI rusak. Yaitu kondisi sobek sebanyak 5 lembar, cacat terkena tinta 17 lembar. Sedangkan surat suara yang sudah diterima adalah untuk DPR RI dan DPRD Propinsi. DPR RI sebanyak Sesuai DPT 53.297 lembar ditambah 2 persennya yaitu 1.066 lembar sehingga jumlahnya ada 54.363 lembar. (lis)

Facebook Comments

About the Author