Published On: Kam, Nov 10th, 2016

Insiden Pesilat Boikot Harus Ada Tanggung Jawab Sistematis

TUBAN

seputartuban.com – Insiden mayoritas kontingen silat dari kecamatan belum lama ini masih menjadi persoalan. Pasalnya acara yang memakai uang rakyat dalam Pekan Olahrga Kabupaten (Porkab) Tuban 2016 itu terjadi insiden buruk sekaligus menyebabkan kerugian banyak pihak.

ANDHI HARTANTO: Dengan ditetapkannya Kabupaten Tuban sebagai kota kawasan industri menyebabkan semakin berkurangnya lahan pertanian.

ANDHI HARTANTO

Kerugian diantaranya, meski sudah memakai anggaran daerah serta anggaran pribadi para donatur kontingen kecamatan, nyatanya hasil pertandingan tidak maksimal. Selain itu mencederai nilai sportifitas yang dijunjung tinggi dalam pesta olahraga. Karena mayoritas kontingen Cabang Olahraga (Cabor) silat boikot. Belum lagi faktor psikis para atlet juga berdampak buruk.

Untuk itu para pihak terkait diharapkan tidak diam saja atau tidak melakukan tindak lanjut. Secara sistematis harus dilakukan evaluasi untuk mengetahui kejadian sebenarnya. “Kita berikan kesempatan dulu kepada semua pihak penyelenggara, baik IPSI, KONI, bahkan PEMDA. Untuk mengevaluasi semua kegiatan yang sudah dilaksanakan,” kata anggota Komisi C DPRD Tuban, Andhi Hartanto, Rabu (9/11/2016).

Hasil evaluasi tersebut dijadikan dasar tindaklanjut untuk menyikapi kejadian boikot dan dugaan kecurangan yang dipermasalahkan itu. “Hasil evaluasi inilah nanti yang harus menjadi salah satu dasar mereka untuk memberikan pertanggungjawaban moral maupun formal kepada masyarakat,” tegasnya.

Kalau memang ditemukan bukti kuat adanya pelanggaran, maka harus ada tindakan tegas. “Kalau dari hasil evaluasi disimpulkan ada kecurangan, serta dibarengi dengan konfirmasi dan klarifikasi semua pihak, maka pihak yang melakukan kecurangan harus diberikan sanksi moral maupun formal. Tidak hanya pada cabor pencak silat, tapi berlaku untuk semua cabor,” pungkas politisi yang juga seorang pendekar itu.

Diketaui, dalam waktu dekat Komisi C akan memanggil pihak terkait Porkab Tuban 2016. Atas insiden meninggalnya atet bulu tangkis usai pertandingan dan aksi boikot mayoritas kontingen silat kecamatan. MUHAIMIN

Facebook Comments

Print Friendly, PDF & Email

About the Author

Videos