Published On: Rab, Jul 22nd, 2015

Injury Time Incumben Panen Dukungan

TUBAN

DUET PERMANEN: Bupati Tuban Fathul Huda dan Wakli Bupati Noor Nahar dalam sebuah  kesempatan.

DUET PERMANEN: Bupati Tuban Fathul Huda dan Wakli Bupati Noor Nahar Hussein dalam sebuah
kesempatan.

seputartuban.com – Kurang sepekan pendaftaran Calon Bupati dan Wakil Bupati peserta Pilkada Tuban, pasangan Incumben, Fathul Huda dan Noor Nahar Hussein makin kuat. Karena sejumlah partai sudah menegaskan mendukung pasangan itu.

Pendaftaran calon pada 26 hingga 28 Juli mendatang, pasangan Incumben selain diusung Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) juga didukung partai lainya. Para punggawa partai belakangan secara terang-terangan menyatakan dukunganya kepada pasangan dari kalangan Nahdliyin itu. Yakni Partai Nasdem, Demokrat dan Gerindra.

Sekretaris DPC Nasdem Tuban, Rasmani menegaskan partainya sudah menyatakan diri mendukung calon incumben. Sebab dari penjaringan yang dilakukan tidak menemukan calon yang layak dan Nasdem hanya memiliki 3 kursi di DPRD Tuban. “Nasdem sudah menyatakan merapat ke incumben, itu sudah menjadi keputusan DPD,” tegasnya.

Serupa disampaikan Ketua DPC. Partai Demokrat Tuban, Muhammad Anwar alasan Demokrat merapat ke pasangan Hudanoor karena dari hasil koordinasi dengan partai lain yang akan membangun koalisi dinilai tidak sunguh-sunguh. Sehingga partainya mengambil keputusan untuk menjadi gerbongnya partai penguasa saat ini. “Kita sudah melakukan lobi, namun tidak ada parpol yang sungguh-sungguh,” katanya Selasa (21/07/2015).

Ditambahkan, selain faktor kesungguhan dari partai lain yang mengajak koalisi juga pertimbangan dekatnya waktu pendaftaran. Sehingga tidak cukup waktu melakukan promosi kadernya kepada masyarakat. Hal ini menjadi kendala berat untuk melawan pasangan Incumben.

“Kita kalah start dengan incumben, bila kita paksakan itu pasti berat dan hasilnya kurang maksimal,” sambungnya.

Belakangan kabar beredar selain PKB, Nasdem, dan Demokrat, Partai Hanura sebelumnya juga sudah mendukung pasangan Hudanoor. Namun semua partai tersebut belum ada yang menunjukkan dukungan rekomendasi dari partainya kepada publik.

Sementara itu, Kabar Partai Golkar yang akan berkoalisi dengan PKS untuk mengusung pasangan calon hingga saat ini belum ada kepastianya. Karena Golkar masing menunggu keputusan wilayah. “Kita tunggu saja nanti bila sudah ada kepastiannya,” kata Sekretaris DPD Golkar Tuban, Rudi Harianto.

Kondisi itu sama dengan PDI Perjuangan Tuban. Partai berlambang bantheng moncong putih itu hingga kini juga masih menunggu keputusan pengurus pusat. Hasil penjaringan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati yang sudah dilakukan tingkat Cabang sudah dikirimkan kepada pengurus wilayah. “Kita tunggu saja hasilnya, tugas kita hanya penjaringan saja,” kata Andhi Hartanto, Ketua DPC PDI Perjuangan Tuban.

Hingga saat ini yang sudah memastikan mendaftarkan diri hanya Incumben. Serta 1 pasangan calon independen yang sudah disahkan KPUD Tuban adalah Zakky Mahbub (Cabup) dengan Dwi Susiantin Budiarti (Cawabup). MUHLISHIN

Facebook Comments

About the Author