Published On: Sab, Jan 30th, 2016

Inilah Teknis Tunjangan Kades dan Perangkat Desa

TUBAN

Kabid Pemerintahan Desa (pemdes). Bapemas Pemdes dan KB Kabupaten Tuban, Sugeng Purnomo

Kabid Pemerintahan Desa (pemdes). Bapemas Pemdes dan KB Kabupaten Tuban, Sugeng Purnomo

seputartuban.com – Pemkab Tuban telah menerbitkan Peraturan Bupati (Perbup) nomor 63 tahun 2015, tentang besaran penghasilan tetap (Siltap) dan tunjangan Kepala Desa dan Perangkat Desa. Dipastikan, para aparatur desa akan lebih tersenyum, karena pendapatan bulanan mereka lebih banyak dari sebelumnya.

Kabid Pemerintahan Desa (pemdes). Bapemas Pemdes dan KB Kabupaten Tuban, Sugeng Purnomo, mengatakan besaran Siltap kades paling tinggi Rp 2,5 juta perbulan. Lalu Siltap untuk Sekretaris Desa (Sekdes) antara 70-80 persen dari Siltap Kades. Sedang Siltap perangkat desa selain Sekdes sebesar 50 persen sampai 60 persen dari Siltap kades. “Siltap yang dimaksud tersebut tidak diperuntukkan perangkat desa yang berstatus PNS,” katanya, kamis (28/1/2016).

Sedangkan besaran Siltap untuk semua aparat mempertimbangkan prosesntasi penggunaan dana Alokasi Dana Desa (ADD) serta proporsional Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes). “Jumlah siltapnya tergantung dari perhitungan tiap tiap desa, berkaitan dengan komposisi yang ditetapkan dengan kemampuan desa,” katanya.

Dalam pasal 6 perbup tersebut dijelaskan, dalam pembagian penggunaan APBDes, dimana paling banyak 30 persen diperuntukkan Siltap perangkat desa. Operasional Pemdes dan BPD, tunjangan BPD, dan insentif RT dan RW. Dan 30 persen APBDes tersebut setelah dikurangi Siltap, maksimal 20 persen diperuntukkan Tunjangan Kades dan perangkatnya. “Dengan meningkatnya Siltap dan Tunjangan untuk mereka, diharapkan kinerja mereka juga lebih baik,” harapnya. USUL PUJIONO

Facebook Comments

About the Author