Published On: Rab, Apr 12th, 2017

Inilah Tarif Taksi Online Yang Diberlakukan Tuban

seputartuban.com, TUBAN – Pasca dilakukan revisi Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 32 Tahun 2016, menjadi Peraturan Menteri Perhubungan (Permen) Nomor 26 Tahun 2017 tentang penyelenggaraan angkutan orang dengan kendaraan bermotor umum tidak dalam trayek. Maka tarif yang diberlakukan juga berubah, termasuk di Kabupaten Tuban.

ilustrasi

Kepala Bidang Angkutan Dishub Tuban, Sukartiwi menjelaskan sejak disosialisasikan peraturan tersebut pada Jumat (7/4/2017) lalu, hingga saat ini masih dilakukan pembahasan dengan pihak terkait. Tentang tarif maupun penyesuaian STNK.

Pembahasan peraturan tersebut dibuat khususnya untuk taksi/kendaraan online atau Angkutan Sewa Khusus (ASK), “Setelah disosialisasikan, nanti pihak ASK diberi waktu kurang lebih selama tiga bulan untuk menyesuaikan kendaraan,” terangnya, selasa (11/4/2017) sore.

Menurutnya, pembahasan tentang Permen 26/2017 tersebut mencakup 10 bab, 6 ruang lingkup, dan 72 pasal terutama tentang batasan-batasan yang berkaitan dengan tarif bagi kendaraan berikut penyesuaian STNK.

Saat ini, tarif normal batas atas dan batas bawah yang diizinkan untuk sementara. Jika kendaraan tersebut beroprasi diwilayah Kabupaten maka tarif yang di izinkan sebesar Rp 250,- /Km. rincianya, yakni dari tarif tersebut merupakan nilai penjumlahan dari tarif yang diundangkan sebesar Rp 139,00 /Km /Pnp ditambah biaya asuransi sebesar Rp 60.

 besaran tarif antar kota, biaya yang dibebankan sebesar Rp 200,- / Km. Rincianya, tarif batas bawah sebesar Rp 107,00 /Km /Pnp ditambah biaya asuransi sebesar Rp 60. Sedangkan tarif batas atas sebesar Rp 173,00 /Km /Pnpp ditambah biaya asuransi sebesar Rp 60.

“3 Bulan untuk membahas lebih lanjut dengan pihak-pihak terkait, harapnya nanti aturan itu dapat dipenuhi dan dilaksanakan oleh semua pihak,” pungkasnya.

Sedangkan sanksi bagi pemilik provider angkutan online bilamana tidak memenuhi aturan setelah diundangkan, sanksi tegas meliputi pembekuan suspend ID, atau pemblokiran aplikasi akan diberlakukan.

Diketahui, dari data yang dimiliki Dishub hanya ada 1 perusahaan penyedia aplikasi layanan kendaraan online diwilayah Kabupaten Tuban. Perusahaan tersebut melayani jasa antar hingga keluar kota. ARIF AHMAD AKBAR

Facebook Comments

About the Author

Displaying 1 Comments
Have Your Say
  1. MURY berkata:

    dg adanya taksi on line menjadikan lebih mudah dalam tranportasi. taksi non stop