Published On: Rab, Mar 13th, 2019

Inilah Syarat Daftar Jadi Calon Kepala Desa 2019

seputartuban.com, TUBAN – Sebanyak 274 desa se Kabupaten Tuban akan menjalani Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) tahun ini. Namun 1 desa yakni Desa Banjarejo, Kecamatan Bancar ditunda pelaksanaannya. Sehingga tinggal 273 desa yang akan melaksanakan Pilkades 10 Juli 2019.

Saat ditemui seputartuban.com di ruang kerjanya, Kasi Peningkatan Kapasitas Aparatur dan Lembaga Pemerintahan Desa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa, Suhut, Selasa (12/03/2019) mengatakan Desa Banjarejo akan diisi pelaksana tugas (Plt). Pilkades akan dilaksanakan tahun 2022.

“Seharusnya mengikuti Pilkades serentak tahun ini. Tapi karena pertimbangan kesehatan yang sering sakit-sakitan, maka akan mengikuti pilkades 2022 nanti. Nantinya akan mengisi kekosongan Kades digantikan oleh Pj (Penanggung Jawab),” ungkapnya.

Lebih lanjut, suhut menyampaikan syarat Calon Kades secara administrasi sebagiamana berikut. Surat pernyataan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Surat pernyataan memegang teguh dan mengamalkan Pancasila, melaksanakan undang-undang Dasar 1945, serta mempertahankan dan memelihara keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Bhineka Tunggal Ika.

Selain itu, foto copy ijazah dari tingkat dasar sampai dengan ijazah terakhir yang dilegalisir oleh pejabat yang berwenang. Foto copy akta kelahiran yang dilegalisir oleh pejabat yang berwenang. Surat keterangan sehat jasmani dan rohani yang dikeluarkan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD). Surat ketengan tidak sedang dicabut hak pilihnya sesuai dengan keputusan pengadilan, yang mempunyai kekuatan hukum tetap dari pengadilan negeri.

Surat keterangan tidak pernah dijatuhi pidana penjara karena melakukan tindak pidana dengan ancaman hukuman paling singkat 5 (lima) tahun atau lebih. Surat pernyataan bahwa pernah dipidana karena melakukan tindak pidana yang diancam dengan pidana penjara paling singkat 5 (lima) tahun atau lebih serta bukan sebagai pelaku kejahatan berulang-ulang, bagi yang pernah menjalani pidana penjara.

Surat keterangan pernah bekerja di lembaga pemerintahan dari pimpinan lembaga pemerintahan tempat yang bersangkutan bekerja, bagi yang pernah bekerja di lembaga pemerintahan. Surat pernyataan belum pernah menjabat sebagai Kepala Desa selama 3 (tiga) kali masa jabatan.

Surat pernyataan bersedia dicalonkan menjadi Kepala Desa dan tidak akan mengundurkan diri dalam proses pemilihan apabila telah ditetapkan menjadi calon Kepala Desa. Surat peryataan sanggup pindah domisili dan menetap di desa yang bersangkutan selama menjabat, bagi bakal calon dari luar penduduk desa.

Foto copy Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang dilegalisir pejabat yang berwenang, apabila KTP belum jadi, dibuktikan dengan surat keterangan bahwa yang bersangkutan telah melakukan perekaman kartu tanda penduduk dari pejabat yang berwenang. Daftar riwayat hidup. Foto berwarna terbaru ukuran 4cm x 6cm. Surat ijin dari pejabat pembina kepegawaian bagi Pegawai Negeri Sipil. Surat keterangan pegunduran diri dari pimpinan/atasan yang berwenang bagi anggota Tentara Nasional Indonesia, dan anggota Kepolisian Republik Indonesia.

Surat ijin dari pimpinan /atasan bagi pegawai BUMN/BUMD/BUMDes. Surat ijin dari pimpinan/atasan bagi tenaga/pegawai non PNS. Surat pemberhentian/pernyataan pengunduran diri bagi pengurus lembaga kemasyarakatan desa.

Salinan/fotokopi surat permohonan ijin cuti kepada Bupati bagi Kepala Desa. Surat ijin cuti dari Kepala Desa bagi perangkat desa. Surat Keputusan Camat tentang pemberhentian dari keanggotaan BPD bagi BPD. Naskah visi dan misi apabila terpilih menjadi Kepala Desa. Pakta integritas bila terpilih menjadi Kepala Desa.

“Untuk tiga dokumen, KTP, Akta kelahiran dan Ijazah, untuk poin nama, tempat tanggal lahir dan nama orang tua harus sama sesuai dan sama,” pungkasnya. RHOFIK SUSYANTO

Facebook Comments

Print Friendly, PDF & Email

About the Author



Berita Terkini

Videos