Published On: Sab, Nov 2nd, 2019

Inilah Syarat Calon Bupati dan Wakil Bupati Tuban Dari Jalur Independen

seputartuban.com, TUBAN – Komisi pemilihan umum (KPU )kabupaten Tuban, melakukan sosialisasi pemilihan Bupati dan wakil Bupati Kabupaten Tuban 2020. Diselengarakan di salah satu Hotel di Tuban, Jumat (1/11/2019).

PERSIAPAN AWAL : Komisioner KPU Kabupaten Tuban saat melakukan sosialisasi

Dalam pertemuan yang dihadiri perwakilan partai politik ( Parpol), Forkopimda, LSM, organisasi kepemudaan, mahasiswa dan wartawan itu salah satunya disampaikan syarat pasangan calon perseorangan atau independen. Melalui informasi ini diharapkan bagi yang memiliki niat mencalonkan diri dapat menyiapkan sejak awal sesuatu ketentuan yang telah ditetapkan.

Ketua KPU Kabupaten Tuban, Fatkul Iksan dalam paparannya menyampaikan untuk menetapkan jumlah minimum dukungan calon Bupati dan Wakil Bupati dari jalur perseorangan berdasarkan UU No 10 tahun 2016 pasal 41 ayat (2) huruh C. “Karena Kabupaten Tuabn dengan jumlah penduduk lebih dari 500.000 sampai 1.000.000 penduduk. Maka harus didukung paling sedikit 7,5 %, yang harus tersebar di lebih dari 10 kecamatan di Kabupaten Tuban,” katanya.

Selain itu , Ia menjelaskan, jika DPT yang dipakai KPU dalam pemilihan umum kemarin sebesar 939.766. Maka pasangan calon perseorangam harus mengumpulkan jumlah minimim dukungan sebesar 70.483 dukungan. “Maka dari calon perseorangan harus memiliki dukungan sebanyak 70.483 dukungan,” imbuhnya.

Sementara itu, Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Kab. Tuban, Nur Hakim, mengatakan dukungan tersebut harus tersebar lebih dari 10 kecamatan. Atau lebih dari separuh jumlah kecamatan di Tuban. “Bagi masyarakat Tuban yang berniat untuk mencalonkan diri sebagai Bupati dan wakil bupati yang akan melalui jalur perseorangan, bisa berkonsultasi ke kantor KPU Tuban agar di jelaskan,” pungkasnya.

Dalam kesempatan ini juga diungkapkan oleh komisioner KPH bahwa saat ini dalam Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) senilai Rp. 54 miliar sudah disetujui Bupati Tuban untuk pelaksanaan Pemilukada tahun 2020. Namun sesuai instruksi pimpinan, KPU Kabupaten Tuban akan mengajukan penambahan anggaran Rp. 11 miliar. Sedangkan jadwal pelaksanaan pemilihan akan dilaksanakan pada 23 September 2020. RHOFIK SUSYANTO

Facebook Comments

Print Friendly, PDF & Email

About the Author

Videos