Published On: Kam, Jul 10th, 2014

Inilah Satu-satunya TPS Pilpres Berhadiah

Share This
Tags

JENU

MERIAH : TPS berhadiah diharapkan meningkatkan partisipasi masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya dalam Pilpres 2014

MERIAH : TPS berhadiah diharapkan meningkatkan partisipasi masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya dalam Pilpres 2014

seputartuban.com – Banyak cara dilakukan untuk menarik simpati masyarakat agar datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk menyalurkan hak suaranya dalam Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden 2014.

Salah satunya seperti yang dilakukan Kelompok Penyelenggara Pemilihan Suara (KPPS) di Desa Jenggolo, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, tepatnya di TPS 5. Saat Pilpres 9 April 2014 panitia menyediakan beragam hadiah bagi pemilih yang mencoblos.

Setiap warga Dusun Panjen ini yang menggunakan hak suaranya mendapatkan kupon dan saat penghitungan hasil suara selesai, hadiah akan dibagikan dengan cara diundi untuk mendapatkan berbagai jenis topi, kaos, sandal, perabot dapur dan hadiah lainya.

Untuk membuat suasana lebih santai, panitia juga memutarkan lagu dangdut dan pop sepanjang TPS dibuka. Agar para pemilih merasa nyaman saat menyalurkan hak pilihnya.

Ketua KPPS TPS 5, Abdul Mu’thi menjelaskan bahwa pemberian hadiah tidak ada hubungannya dengan tim pemenangan salah satu pasangan capres-cawapres. Semata-mata untuk meningkatkan semangat masyarakat agar datang ke TPS untuk menggunakan memilih. “Kalau begini kan banyak yang melihat, bisa transparan sampai perhitungan selesai. Tidak ada hubungannya dengan tim pemenangan,” kata Mu’thi.

Pendanaan hadiah dari iuran panitia dan sosial warga sekitar. “Tadi sudah diperiksa oleh Panwascam dan KPU, tidak ada pelanggaran. Ini kan jelas diundi setelah rekapitulasi, untuk menarik minat warga saja,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pemungatan Suara (PPS), Abdul Manaf menjelaskan kegiatan ini sudah dimusyawarahkan sebelumnya. Hanya sebagai pendorong demokrasi agar disambut semangat oleh warga. Daftar Pemilih Tetap (DPT) di TPS ini sebanyak 348 pemilih. Sedangkan yang hadir sebanyak 270 pemilih. Terdiri dari 142 perempuan dan 128 laki-laki. “Kalau di TPS 5 tadi suara yang sah 268 dan 2 suara tidak sah. Acara sudah berjalan dengan lancar dan hasil rekap selesai lebih cepat,” ungkap Manaf. HANAFI

Facebook Comments

About the Author