Published On: Rab, Nov 1st, 2017

Inilah Sasaran Operasi Zebra Semeru 2017

seputartuban.com, TUBAN – Bagi pengguna kendaraan bermotor yang melengkapi aksesori kendaraanya dengan lampu strobo, lampu sorot yang memiliki intensitas cahaya tinggi, dan lampu Rotator bakal di tindak petugas Satuan Lalulintas (Sat Lantas) Polres Tuban selama pelaksanaan operasi zebra Semeru 2017.

Ilustrasi

Hal itu dilaksanakan dalam rangka menciptakan situasi kamseltibcar lantas, serta meminimalisir pelanggaran yang dapat menyebabkan kecelakaan lalu lintas diwilayah hukum Polres Tuban. “Tujuanya memberikan penindakan Preventif dan Edukatif kepada para pengguna jalan yang melanggar, hal ini dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat dalam berlalu lintas.” Terang Kasubbag Humas Iptu Agus Edi Pranoto. Senin, (30/10/2017) siang. 
Pelanggaran yang menjadi sasaran lainya dalam tersebut ialah pelanggaran rambu-rambu lalin, batas kecepatan, kendaraan yang melawan arus lalin, serta kendaraan yang tidak sesuai dengan spesifikasi.

Jika terdapat masyarakat yang menggunakan lampu strobo dan sirine, hal itu melanggar Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009, pasal 59 tentang lalu lintas dan angkutan jalan. Pasal itu menyebutkan bahwa sanksi bagi pelanggar aturan ini dapat didenda maksimal Rp 250 ribu atau pidana kurungan maksimal satu bulan.

Sesuai aturan UU lampu isyarat warna biru dan sirene hanya digunakan untuk mobil petugas Polri. Lampu isyarat warna merah dan sirene digunakan untuk mobil tahanan, pengawalan TNI, pemadam kebakaran, ambulans, PMI, dan mobil jenazah. 

lampu isyarat warna kuning tanpa sirene digunakan untuk mobil patroli jalan tol, pengawasan sarana dan prasarana lalu lintas dan angkutan jalan. Kemudian perawatan dan pembersihan fasilitas umum, menderek kendaraan, dan angkutan barang khusus.

“Untuk tuban belum mas, apel Ops zebra mungkin baru akan dilaksanakan Rabu. Tadi pagi cuma apel biasa,” pungkasnya. ARIF AHMAD AKBAR

Facebook Comments

About the Author

komentar dengan santun

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>