Published On: Jum, Agu 16th, 2019

Inilah Perkembangan Terbaru Kesiapan Lahan Kilang GRR Tuban

seputartuban.com, JENU – Sebanyak 349 warga pemilik lahan yang berada di Desa Kaliuntu dan Desa Wadung, Kecamatan Jenu, Tuban, yang lahannya masuk dalam penetapan lokasi (Penlok) pembangunan Kilang Grass Root Refinery (Kilang GRR Tuban), mengikuti penyuluhan pengadaan tanah Kilang Tuban ,dari Badan Pertanahan Nasional (BPN) Tuban, di Pendopo Kecamatan Jenu, Kamis (15/8/2019).

BABAK BARU : Suasana sosialisasi pengadaan tanah NGRR di Pendopo Kecamatan Jenu.

Dalam penyuluhan itu, turut hadir, Ketua BPN Kabupaten Tuban, Forkopimka Jenu, Kejaksaan Negeri Tuban (Kejari) dan perwakilan dari Kilang GRR Tuban.
Dengan kegiatan itu diharapkan dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat, yang tanahnya masuk dalam penlok kilang. Untuk dilakukan pengukuran dan proses ganti rugi.

Camat Jenu, Mohammad Maftuchin Riza, dalam sambutannya menyampaikan agar masyarakat lebih terbuka. Mereka dapat menyampaikan langsung kepada BPN terkait pengukuran maupun ganti rugi. “Kami meminta agar masyarakat lebih terbuka dan menyampaikan aspirasi kepada BPN. Agar dalam proses Penlok kilang ini bisa berjalan dengan baik,” katanya.

Sementara itu, Kepala BPN Tuban, Ganang Anindito, mengatakan, dalam penetapan lahan kilang minyak ada beberapa tahapan yang harus diakukan. Antara lain, sosialisasi, pengukuran yang dilakukan satgas A. Kemudian Satgas B mulai bekerja untuk mencari dokumen kepemilikan. “Nanti gambar dan kepemilikan sudah ada maka akan diumumkan di desa. Kalaupun ada keberatan dari masyarakat terhadap luasnya, maka akan dilakukan pengukuran kembali,” jelasnya.

Akan tapi, kalau dari pihak masyarakat tidak ada yang merasa keberatan, maka segera dilakukan pembuatan surat ke pertamina dan akan dilakukan lelang parsial.

Lebih lanjut, Ganang menambahkan dalam penyelesaian pengukuran ditargetkan selesai bulan maret. “Diharapkan mulai besok kita sudah kembali melakukan pengukuran kembali,” pungkasnya. RHOFIK SUSYANTO

Facebook Comments

Print Friendly, PDF & Email

About the Author

Videos