Published On: Jum, Apr 8th, 2016

Inilah Kriteria Pejabat Yang Baik Menurut Sekda

Share This
Tags

TUBAN

Sekda Pemkab Tuban, Budi Wiyana

Sekda Pemkab Tuban, Budi Wiyana

seputartuban.com – Pejabat daerah dalam segala lini sangat mempengaruhi kinerja pemerintahan. Sehingga mental, sikap maupun motivasi kerja sangat mempengaruhi hasil kinerja instansi tempat mereka bekerja.

Sekretaris Daerah (Sekda) Tuban, Budi Wiyana mengatakan pejabat yang baik memiliki beberapa ciri. Yang harus dimiliki seorang pejabat agar mereka dapat menjalankan tugas dengan baik.

Yakni memenuhi tugas pokok dan fungsinya yaitu dengan memenuhi segala tugas yang sudah diprogramkan oleh pimpinannya maupun ia buat sendiri. Lebih mengedepankan koordinasi, sehingga setiap kesulitan yang ditemuinya dapat diselesaikan secara bijak dan bersama-sama rekan kerjanya.

“Memahami tugas pokok dan fungsinya ini yang paling penting, sehingga bisa menjalankan tugas dengan baik bila memahami tupoksinya,” kata Sekda, Jumat (8/4/2016) siang.

Selain itu, juga harus dapat menggali potensi yang ada di internal lembaga/instansi, stakeholder dan masyarakat. Bila hal itu dilaksanakan maka semua program yang sudah disusun dapat berjalan dengan mudah dan menghasilkan sesuatu yang baik.

Serta perlu adanya peningkatan kompetensi atau pendidikan. Sebab seorang pejabat juga perlu mengikuti perkembangan. Mulai dari teknologi dan juga komunikasi. Juga perlu adanya kaderisasi terhadap staf, sebab hal itu bisa menunjang keberlanjutan sistem maupun kinerja pemerintah.

“Untuk pengembangan pendidikan itu bisa memanfaatkan beasiswa yang ada. Sebab pemerintah juga memberikan fasilitas itu dan juga pelatihan-pelatihan untuk mengembangkan kemampuan dimasing-masing bidang,” sambungnya.

Sekda menambahkan, untuk kriteria yang lainnya sudah pasti yaitu jujur, disiplin, loyalitas terhadap pimpinan. Serta memiliki kraetifitas maupun inovasi dalam menyusun program. Sebab semua program pemerintah itu diharuskan berjalan dengan baik dan sesuai dengan harapan. Maka hal itu butuh inovasi agar masyarakat dapat memahami apa yang disudah diprogramkan pemerintah.

“Kita terus mendorong agar semua pejabat yang ada di Tuban bisa terus mengembangkan potensi yang ada. Dengan mengedepankan kepentingan masyarakat,” tegasnya. MUHLISHIN

Facebook Comments

About the Author