Published On: Sab, Mei 28th, 2016

Inilah Jenis Bahan Kebutuhan Dapur Yang Bisa Dikendalikan Pemerintah

Share This

TUBAN

seputartuban.com –  Naiknya harga sejumlah bahan kebutuhan dapur saat menjelang bulan Ramadan, membuat Dinas Perekonomian dan Pariwisata (Disperpar) kabupaten Tuban akan melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke pasar pasar tradisional dan pusat perbelanjaan di kabupaten Tuban.

Sidak di Pasar Baru Tuban

Sidak di Pasar Baru Tuban

Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perekonomian dan Pariwisata, Bhismo S Adji, Kamis (26/5/2016), mengatakan selama Ramadan, akan melakukan Sidak terhadap empat komoditi kebutuhan pokok, yakni, beras, gula, minyak goreng dan tepung terigu

Menurut Bhismo, kegiatan sidak ke beberapa tempat perbelanjaan tersebut terbatas pada empat bahan dapur tersebut. Sebab pihaknya hanya bisa memonitoring dan mengendalikan empat bahan pokok itu. “Dalam sidak tersebut kita bekerjasama dengan Bulog. kenapa terbatas pada empat komoditi tersebut. Sebab, Bulog hanya mampu memonitoring bahan pokok itu,” jelas Bhismo.

Bhismo menambahkan, sidak tersebut rencananya akan dilaksanakan antara tanggal 1 Juni 2016 hingga 31 Juni 2016. “Sidaknya antara tanggal 1 juni hingga 31 juni, terkait jadwalnya masih akan kita bahas lebih lanjut,” tutupnya.

Di Pasar Baru Tuban terpantau kebutuhan yang mengalami kenaikan harga yakni, bawang merah, bawang putih, dan tomat. Komoditas ini mengalami kenaikan harga seribu hingga tiga ribu per Kilogramnya. “Bawang merah Rp. 35 ribu, Bawang putih Rp. 32 ribu, tomat juga mahal Rp. 10 ribu,” kata salah satu pedagang, Siti Fatimah, Rabu (25/5/2016).

Dia menyampaikan, kenaikan harga untuk keempat bahan dapur tersebut selama sepekan terakhir ini masih cukup relatif terjangkau. Kenaikan paling tinggi terjadi pada minyak curah, dari harga Rp. 7,5 ribu naik menjadi Rp. 11 ribu per Kilogramnya. “Kalau minyak kemasan semula sekitar Rp. 15 ribu naik menjadi Rp. 16 ribu, tapi itu tergantung merknya mas,” pungkasnya. USUL PUJIONO

Facebook Comments

About the Author