Published On: Kam, Des 17th, 2015

Inilah Hasil Rekapitulasi Pemilukada Tuban Bersih

TUBAN

Pleno Terbuka Rekapitulasi Pemilukada Tuban 2015 oleh KPU Tuban, Rabu (16/12/2015) di Gedung KSPKP

Pleno Terbuka Rekapitulasi Pemilukada Tuban 2015 oleh KPU Tuban, Rabu (16/12/2015) di Gedung KSPKP

seputartuban.com – Pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tuban 2015 memasuki tahapan Rekapitulasi suara hasil pemilihan. Hasilnya pasangan nomor urut 1, yang diusung gabungan Partai Politik (Parpol) yakni Fahul Huda dan Noor Nahar Hussein memenangkan hasil penghitungan.

Rekapitulasi dilaksanakan di gedung KSPKP Tuban, Rabu (16/12/2015) yang dimulai sekitar jam 10.00 WIB. Dalam kegiatan tersebut dihadiri semua komisioner KPU Tuban, Panwaslih Tuban, Forpimda, 20 Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panwascam se-Kabupaten Tuban dan saksi dari kedua pasangan calon.

Setiap perwakilan PPK membacakan hasil rekapitulasi yang sudah dilaksanakan di masing-masing kecamatan. Rekapitulasi tersebut  berjalan dengan lancar, karena tidak ada permasalahan ditingkat PPK dan acara itu usai hingga jam 14.30 WIB.

Hasil rekapitulasi suara Pemilukada Tuban sesuai berita acara

Hasil rekapitulasi suara Pemilukada Tuban sesuai berita acara

Ketua KPU Tuban, Kasmuri mengatakan penghitungan hasil pemilihan itu pucaknya untuk mengetahui hasil suara pasangan calon. Diberikan waktu 3 kali 24 jam jika pasangan calon nomor urut 2 dari jalur perseorangan, Zakky Mahbub dan Dwi Susiantin Budiarti akan melakukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK).

“Bila tidak ada gugatan maka hasil ini akan kita tetapkan pada 31 Desember mendatang. Namun bila ada gugatan maka kita menunggu hasil gugatan tersebut dan penetapannya pada Maret,” kata Kasmuri usai acara.

Pelaksanaan Pemilukada Tuban sangat sedikit pelanggaran bahkan tidak ada pelanggaran yang berarti. Hal itu menurut Kasmuri menunjukkan kwalitas pesta demokrasi yang bersih. Termasuk bebas praktek politik uang.

“Pilkada Tuban 2015 merupakan bersih dari money politik. Sehingga masyarakat yang menggunakan hak pilihnya atas dasar kesadaran politik tanpa mendapat imbalan dari pasangan calon,” tegasnya.

KPU Tuban tetap berjanji akan melakukan evaluasi dan meningkatkan kinerjanya. Sehingga dalam Pemilu mendatang partispasi pemilih bisa semakin meningkat dan tetap bersih dari politik uang.

Dari hasil penghitungan perolehan suara sesuai berita acara KPU Tuban nomor 45/Kpts Kab-014329920/2015 tentang Penetapan Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara dan Hasil Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tuban Tahun 2015. Pasangan Hudanoor memperoleh suara terbanyak yakni 278.262 suara.

Sedangkan pasangan Zadit memperoleh 179.373 suara. Dengan total suara kedua pasangan calon 457.635 suara. Sementara suara tidak sah sebanyak 30.193 suara.

Jumlah seluruh Daftar Pemilih Tetap (DPT) 936.768 suara. Daftar Pemilih Tetap Tambahan-1 (DPTb-1) 273 suara. Daftar Pemilih Pindahan (DPPh) 151 suara. Daftar Pemilih Tetap Tambahan-2 (DPTb-2) 35 suara. Atau total keseluruhan daftar pemilih sebanyak 937.549 suara.

Berita acara itu kemudian ditanda tangani oleh semua anggota komisioner KPU Tuban. Serta kedua saksi dari pasangan calon yang disaksikan oleh Panwaslih Kabupaten Tuban. MUHLISHIN

Facebook Comments

About the Author