Published On: Kam, Jan 21st, 2016

Inilah Detail Sensus Ekonomi 2016

TUBAN

Kepala BPS Tuban, Prayogo Setyo Widodo

Kepala BPS Tuban, Prayogo Setyo Widodo

seputartuban.com – Sensus Ekonomi (SE) 2016 akan dilaksanakan Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Tuban pada Mei 2016. Sesuai jadwal seluruh rangkaian SE 2016 akan berakhir pada 2018.

SE 2016 merupakan wujud pelaksanaan UU No. 16 tahun 1997 tentang statistik. Sensus 2016 ini paling komplek, karena harus mencakup 19 sektor diluar pertanian. Dengan menghabiskan dana miliaran dan melibatkan ribuan tenaga sensus kontrak.

Kepala BPS Tuban, Prayogo Setyo Widodo, menjelaskan dalam UU statistik, BPS harus melaksanakan tiga sensus besar. Yakni Sensus Penduduk yang diselenggarakan setiap tahun yang berakhiran angka nol. Sensus Pertanian pada tahun yang berakhiran angka tiga dan Sensus Ekonomi yang berakhiran angka enam.

“Jadi Sensus Ekonomi 2016 adalah SE yang ke-4 kalinya. Sebelumnya berlangsung pada 1986, 1996 dan 2006. Sensus ini akan mulai pada Mei 2016, lalu dilanjutkan pada awal 2017 dan diperkirakan selesai pada 2018,” katanya.

Dia menjelaskan, Sensus yang menghabiskan dana 9,73 milyar dari APBN tersebut merupakan sensus paling kompleks dengan responden bervariasi. Disebut kompleks, kata dia, karena mencakup 19 sektor yang akan didata dalam sensus skala besar ini, di luar sektor pertanian.

Meliputi, sektor pertambangan dan penggalian, industri pengolahan, pengadaan listrik, gas, uap/air panas dan udara dingin. Dan pengadaan air, pengelolaan sampah dan daur ulang, pembangunan dan pembersihan limbah dan sampah. Sektor konstruksi; perdagangan besar dan eceran, reparasi dan perawatan mobil dan sepeda motor, transportasi dan pergudangan.

Juga penyediaan akomodasi dan penyediaan makan minum, informasi dan komunikasi. Jasa keuangan dan asuransi, real estate, jasa profesional, ilmiah dan teknis. Jasa persewaan, ketenagakerjaan, agen perjalanan dan penunjang usaha lainnya.

Sektor jasa pendidikan, jasa kesehatan dan kegiatan sosial, kebudayaan, hiburan dan rekreasi, kegiatan jasa lainnya. Jasa perorangan yang melayani rumah tangga serta kegiatan badan organisasi internasional.

“Ini sensus paling kompleks karena kita akan mendata semua skala ekonomi mikro, kecil, sedang dan besar. Seperti berapa jumlah tenaga kerja yang diserap, output apa yang dihasilkan, statusnya perusahaan apa, sampai data lebih rinci mencakup upah buruh dan sebagainya,” tandasnya

Sensus ekonomi tersebut membutuhkan 1.068 petugas. Mereka akan dipekerjakan pada Mei 2016. Perekrutan ini sistemnya kontrak dan hanya satu bulan. Dimana pendaftaran dibuka mulai tanggal 25 sampai 27 januari di masing masing kecamatan.

Sementara itu, hasil SE 2006 lalu tercatat kurang lebih 109.000 usaha di Kabupaten Tuban. Dari berbagai sektor usaha perdagangan, jasa, pertambangan, transportasi dan sektor lainnya. USUL PUJIONO

Facebook Comments

About the Author