Published On: Sel, Feb 23rd, 2016

Inilah Dampak Buruk Konsumsi Miras

TUBAN

Dwi Kurnia, Dosen Stikes NU Tuban

Dwi Kurnia, Dosen Stikes NU Tuban

seputartuban.com – Jika masih suka minum-minuman keras (Miras), banyak dampak buruk yang akan dialami bagi peminum. Baik pria maupun wanita sangat merugikan bagi organ tubuh.

Salah satu dosen kesehatan organ tubuh, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES-NU) Tuban, Dwi Kurnia (29), Senin (22/2/2016) menjelaskan banyaknya dampak negatif bagi peminum Miras, terlebih bagi kaum hawa.

Akan berdampak pada kandungan, Karena cairan yang masuk ke dalam tubuh bercampur dengan darah. Kemudian turut dalam sirkulasi darah dan menjalar kesemua fungsi saraf. Pada wanita hamil, dapat berpengaruh pula terhadap janin serta dapat mengganggu perkembangan dan pertumbuhanya. Karena kandungan alkohol yang larut dalam darah mengganggu asupan nutrisi bagi janin.

Selain menurunkan fungsi saraf, kandungan yang dimiliki alkohol dapat menyerang fungsi imun (daya tahan) tubuh. Sehingga menurunkan daya metabolisme, menurunkan fungsi organ lambung, hati, ginjal,dan jantung.

Lambung akan mengalami pembengkakan akibat produksi asam yang berlebih. Organ hati yang berfungsi menetralisir racun didalam tubuh akan berkurang kemampuanya sehingga menyebabkan rusaknya organ hati serta ginjal. “Sedangkan jantung yang berfungsi memompa darah ke seluruh tubuh akan mengalami penurunan kinerja. Sehingga aliran darah menuju fungsi syaraf berkurang dan menurunkan fungsi daya ingat,” kata dosen kelahiran 1987 itu.

Pada dasarnya, konsumsi Miras berpengaruh menekan syaraf pusat. Hingga membuat peminumnya mudah terangsang, tidak dapat melakukan kontrol diri, gangguan pada fungsi otot, dan halusinasi berlebih jika kadar yang dikonsumsi melebihi 20 persen. ARIF AHMAD AKBAR

Facebook Comments

About the Author