Published On: Ming, Agu 7th, 2016

Inilah Dampak Bermain Pokemon Go Bagi Psikologi dan Kesehatan

TUBAN

seputartuban.com – Bermain game Pokemon Go akan berdampak terhadap psikologi bagi pemainya. Dampak buruk maupun baik secara langsung maupun tidak langsung akan dialami oleh para gamer Pokemon.

Pokemon GoKepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Tuban, Saiful Hadi, mengatakan menurut sejumlah pakar psikolog dan kesehatan menyampaikan banyak manfaat untuk kesehatan bagi para pemain game baru tersebut. “Menurut beberapa psikolog, Pokomen Go dapat membantu kita untuk mengurangi kecemasan hingga depresi. Termasuk juga bisa mendorong kita untuk lebih aktif secara fisik, membuat para pemainnya secara tidak langsung sedang olahraga,” katanya kemarin.

Bermain Pokemon Go juga dapat untuk pencegahan obesitas. Berbeda dengan game lainnya, dimana pemainnya bisa berjam-jam duduk dan kurang gerak. “Kurang gerak ini bisa meningkatkan risiko obesitas,” jelasnya.

Dia juga menjelaskan bahwa sisi negatif dari bermain game itu juga banyak. Diantaranya, para pemain yang bertemu satu sama lain di dunia nyata, seperti di dekat sekolah, dan tempat lainnya. Namun mereka pada kenyataannya saling menatap layar handphone mereka masing masing. Atau dapat membuat para pemain game tersebut berkurang sikap sosialisasinya.

Juga sangat berbahaya saat sedang mengejar karakter Pokemon di ruangan terbuka. Cedera dan kecelakaan terus mengintai pemain termasuk orang orang disekitarnya, apa lagi saat menyeberang jalan, hingga menabrak benda di depannya ketika berjalan. “Yang paling berbahaya itu saat bermain di jalan raya,” tegasnya.

Lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga ini juga mengingatkan para pemain Pokemon Go agar tidak bermain berlebihan. Karena menatap ponsel terlalu lama juga bisa menyebabkan nyeri otot dan ketegangan leher. USUL PUJIONO

Facebook Comments

About the Author