Published On: Sen, Mar 31st, 2014

Inilah Cara Petani Cabai Agar Tidak Merugi Saat Harga Turun

Share This
Tags

JENU

seputartuban.com – Sejak 2 hari terakhir harga cabai di Kabupaten Tuban menurun. Semulai Rp 25 ribu pe Kg turun menjadi Rp. 10 ribu per Kg. Hal ini disebabkan saat ini sedang musim panen cabai, membuat stok melimpah dan mempengaruhi harga jual dipasaran menurun. Untuk mengurangi kerugian, petani banyak yang mengeringkan cabainya. Karena jika langsung dijual usai panen, dipastikan akan menanggung rugi.

MERADANG : Petani cabai saat menamen tanamanya. Namun terancam merugi karena harga jual menurun

MERADANG : Petani cabai saat menamen tanamanya. Namun terancam merugi karena harga jual menurun

Salah satu petani cabai, Sofwan Kasdi (33), warga Desa Beji, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, saat didatangi di sawahnya, Senin (31/3/2014) dirinya mengalami kerugian karena harga jual menurun. Hal itu disebabkan karena banyaknya petani sedang panen cabai. Selain itu, juga persaingan harga dengan cabai luar jawa yakni dari Kalimantan dan Sumatra.

Agar tidak merugi besar, dia tetap memanen cabainya namun dikeringkan terlebih dahulu. Agar cabai awet dan tidak busuk apabila ditimbun. Jangka waktu penimbunan sekitar 10 hari sampai 20 hari. “Sambil menunggu harga normal Rp. 20 ribu atau Rp. 30 ribu per Kg,” katanya.

Senada juga disampaikan Fadli Asrori (28), warga yang sama, mengataka kerugian petani cabai hampir 100 persen. Namun agar tidak menanggung banyak kerugian, dia menjual cabainya dengan cara dijual eceran.”Pengecer bisa Rp. 15 ribu per-Kg. Lumayan dikurangi ruginya,” ungkapnya.

Sementara itu, Kabid Perekonmian dan Perdagangan, Dinas Perekonomian dan Pariwisata, Pemkab Tuban, Imron Achmadi menjelaskan bahwa permainan dagang cabai sifanya antar daerah. Sehingga pihaknya tidak bisa mengatur harga jual cabai. “Harga cabai itu bisa berubah dengan hitungan menit. Permainan tengkulak juga bisa, faktor alam, permodalan, banyak faktorlah. Yang jelas, harga tidak sampai dibawah Rp. 5 ribu,” jelasnua. (han)

Facebook Comments

About the Author