Published On: Sen, Okt 1st, 2018

Inilah Cara Keren SMADA Tuban Didik Calon Pengurus Osis

seputartuban.com, MONTONG – Pembina SMAN 2 (Smada) Tuban memiliki cara menarik dalam mendidik siswanya yang akan dijadikan pengurus Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS). Penekanan pendidikan karakter sangat kuat dalam Latihan Dasar Kepemimpina (LDK) di Wisata Sumber Mata Air Kerawak, Sabtu-Minggu (29-30/09/2018).

SINERGI SOSIAL : Wakasek Humas Smada Tuban menyerahkan beras kepada Koordinator Pendekar Siaga dalam upacara penutupan LDK di kawasan wisata Sumber Mata Air Kerawak, Minggu (30/09/2018)

Selain diberikan materi-materi dasar kepemimpinan, kedisplinan, wawasan kebangsaan, keagamaan juga yang menarik adalah tentang peduli sesama atau bersedekah. Karena para siswa calon pengurus OSIS maupun seluruh pengurus osis yang aktif membawa beras untuk dibagikan kepada warga yang membutuhkan.

Beras tersebut dibawa dari rumah masing-masing yang kemudian setelah kegiatan dibagikan kepada masyarakat sekitar lokasi kegiatan. Tiap siswa mengumpulkan 1 kantong plastik beras yang beratnya tidak ditentukan, sesuai keikhlasan siswa masing-masing. “Ini sudah biasa kita lakukan tiap tahunnya,” kata Wakil Kepala Sekolah (Wakasek) Hubungan Masyarakat (Humas), M. Yasin.

Kali ini berbeda, karena lokasi yang dipakai perkemahan dikelola oleh Pendekar Siaga yang aktif dalam perjuangan sosial, maka pihak sekolah memutuskan sedekah tersebut dititipkan kepada para pendekar linats organisasi silat itu. Pertimbangannya selain hemat waktu, mereka juga lebih paham kondisi masyarakat setempat. “Terima kasih atas segala pelayanannya yang memuaskan,” katanya.

Pengelola Wisata, Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis Siaga), Yulainto Prasetyo mengapresiasi tinggi upaya menarik yang dilakukan Smada dalam mendidik siswanya. Serta kepercayaan yang diberikan kepada pihaknya dijadikan lokasi perkemahan.

“Kami ikut bangga Smada, kalau musim hujan mungkin kita ajak penghijauan juga untuk menyelamatkan lingkungan. Ini langkah bagus yang harus kita dukung untuk generasi penerus bangsa,” katanya.

Senada diungkapkan Koordinator Pendekar Siaga, Hery Prasetyo, dia juga mengapresiasi langkah menarik tersebut. “Nyatanya kami sehati dengan Smada yakni sama-sama memiiki kepedulian sosial tinggi. Apalagi mereka pengurus OSIS, maka sangat tepat jika didik peduli sesama. Agar virus kebaikan itu menular di sekolah dengan cepat dan kuat. Melalui program OSIS maupun perlaku keseharian mereka,” tuturnya.

Selain berkemah, berdiskusi dan kegiatan materi lainnya, mereka juga berkesempatan untuk berwisata di Desa Wisata Guwoterus Berbasis Sedekah. Diantaranya River Tubing, mereka selain berwisata juga didik sedekah. Karena dengan wisata yang dilakukan, tarifnya sudah ada sedekah yang hasilnya akan disetorkan ke Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Tuban. Para siswa juga mengunjungi wisata Gua Putri Asih yang juga sebagai sarana mendidik kerohanian, wujud keagungan, kekuasaan Tuhan Yang Maha Esa. NAL

Facebook Comments

About the Author