Published On: Ming, Okt 22nd, 2017

Inilah Cara Kecamatan Bangilan Peringati Hari Santri 

seputartuban.com, BANGILAN – Dalam memperingati Hari Santri, Pemerintah Kecamatan Bangilan, Kabupaten Tuban memiliki cara tersendiri dalam memperingati Hari Santri jatuh pada hari Minggu (22/10/2017). Sejak malam hari sudah dilakukan kegiatan penyambutan hingga dilakukan upacara pada pagi harinya. 

HIKMAT : Suasana sholawatan dalam menyambut Hari Santri Nasional di Pendopo Pemerintah Kecamatan Bangilan, Kabupaten Tuban, Sabtu (21/10/2017) malam


Di Pendopo Kecamatan Bangilan, sejak malam hari dipenuhi berbagai unsur masyarakat dan instansi. Bersama melakukan kegiatan sholawatan, dan nonton bareng fim sang kyai. Hal itu dilakukan untuk meningkatkan semangat kebersamaan dan kekeluargaan. 

Menurut Camat Bangilan, Maftuchin Reza mengatakan alasan diputarkan fim sang kyai karena sang kyai adalah pencetus resolusi jihad seperti yang ada dalam film tersebut. “Dimana pencetus resolusi jihad adalah sang kyai yang ada di film tersebut,” katanya. 

Kegiatan dilanjutkan Apel Hari Santri dan Pawai Ta’aruf. “Bagaimana kita bisa memaknai dan mengisi kegiatan dalam rangka Hari Santri Nasional dengan kegiatan – kegiatan yang kita lakukan. Bukan sekesar formalitas, namun lebih pada penggerakan jiwa seperti yang ada dalam karakter santri kita aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, ” imbuhnya. 

KEBERSAMAAN : Suasana malam Hari Santri di Pendopo Kecamatan Bangilan sebelum acara nonton bareng film Sang Kyai


Diketahui, peringatan Hari Santri di Kabupaten Tuban dipusatkan di Kecamatan Senori dengan menghadirkan lebih dari 5,000 santri. Yang dihadir Dandim 0811 Tuban, Kapolres Tuban, Wakil Bupati Tuban dan Sekretaris Daerah Kabupaten Tuban. 

Hari santri ditetapkan melalui Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015 tentang penetapan 22 Oktober sebagai Hari Santri Nasional. Bertepatan dengan momentum Resolusi Jihad NU yang dikeluarkan pada 22 Oktober 1945. NAL

Facebook Comments

About the Author