Published On: Sab, Des 22nd, 2018

Inilah Cara Holcim Tanamkan Keberagaman dan HAM Kepada Anak Sekitar Perusahaan

seputartuban.com, TAMBAKBOYO –  Sebagai salah satu wujud komitmen akan pengembangan kehidupan sosial, Holcim secara konsisten melakukan kegiatan kampanye anti kekerasan dan menghormati keberagaman dengan sasaran utama siswa siswi serta pemangku kepentingan di sekitar pabrik Tuban. Bertajuk“Happiness in Diversity”, Holcim bersama 400 siswa dari 14 sekolah di sekitar Pabrik Tuban, melakukan peringatan Hari Hak Asasi Manusia Se-Dunia, bertempat di Yayasan Bina Khoir Generation Desa Merkawang Kecamatan Tambakboyo, Kabupaten Tuban, Kamis (20/12/2018).

Hal ini dilatarbelakangi oleh meningkatnya angka kekerasan di masyarakat seperti halnya fenomena gunung es, dimana angka kekerasan yang muncul tidak seberapa dibandingkan dengan angka kekerasan yang tidak terungkap. Berbagai perbedaan atau keberagaman menjadi salah satu pemicu terjadinya kekerasan di masyarakat, dan budaya kekerasan menjadi alternatif solusi untuk pemecahan masalah.


Perwakilan Holcim dan Para Pemangku Kepentingan melepaskan balon sebagai simbol Keberagaman dalam Puncak Peingatan 16 Hari Anti Kekerasan  dan Hak Asasi Manusia Se-Dunia.

Kegiatan kampanye ini mendapat sambutan antusias dari peserta bukan hanya siswa-siswi, namun juga para pemangku kepentingan. Diawali dengan lomba mewarna yang diikuti oleh anak PAUD dan TK, serta lomba majalah dinding dengan peserta siswa dari 14 SD/ MI, serta kegiatan puncak yang dihadiri perwakilan pemangku kepentingan, organisasi masyarakat, perangkat desa dan sekolah-sekolah di sekitar Pabrik Tuban. 

Selain itu hadir pula, Kepala Dinas Sosial Perlindungan Perempuan dan Anak Kabupaten Tuban, Nurjanah dan Community Relations Manager Pabrik Tuban, Trayudi Darma serta Forkopimcam Tambakboyo. Sebagai pemateri utama kegiatan ini adalah Cipnal Muchlip M,  seorang aktivis sosial dari Tuban.    

Dalam kegiatan yang diselenggarakan Holcim bekerjasama dengan  Yayasan Bina Khoir Generation Desa Merkawang Kecamatan Tambakboyo ini, MI Nurul Jadid Mliwang secara membanggakan menjadi pemenang lomba Majalah Dinding dengan tema Ukhuwah Wathoniyah atau Persaudaraan Kebangsaan. Peserta yang terdiri dari siswa kelas 4 SD ini secara fasih mempresentasikan konsep Persaudaraan Kebangsaan sebagai upaya perwujudan Hak Asasi Manusia.

“Ini bukan sekedar kegiatan seremonial peringatan HAM, namun juga perwujudan dari Kota Layak Anak, dimana Holcim memberikan ruang berekspresi bagi anak,” ujar  Nurjanah, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Tuban.

Trayudi Darma, GA & Comrel Manager Holcim mengatakan penanaman nilai keberagaman dan HAM harua dilakukan sejak dini. “Kami sadar bahwa penyadaran nilai-nilai anti kekerasan dan penghormatan akan keberagaman membutuhkan waktu yang tidak singkat namun harus dilakukan. Peringatan hari HAM yang kami selenggarakan setiap tahun adalah wujud komitmen kami untuk turut serta dalam gerakan sosial mewujudkan perdamaian dalam keberagaman yang lebih baik di sekitar kita,” tegasnya. 

Cipna Muchlip M, pemateri utama kegiatan saat menyampaikan motivasi dan pendidikan keberagaman serta HAM kepada anak-anak

Diketahui, PT Holcim Indonesia Tbk  (Holcim Indonesia) adalah sebuah perusahaan publik Indonesia dimana mayoritas sahamnya (80,65%) dimiliki dan dikelola oleh LafargeHolcim Group, yang berbasis di Swiss, produsen semen terbesar di dunia dengan total lebih dari 80,000 karyawan dan beroperasi di lebih dari 80 negara di seluruh benua. 

Sebagai salah satu perusahaan semen terbesar di Indonesia, PT Holcim Indonesia Tbk menjalankan usaha yang terintegrasi terdiri dari semen, beton siap pakai, dan produksi agregat. Perusahaan mengoperasikan empat pabrik semen masing-masing di Narogong, Jawa Barat,  Cilacap, Jawa Tengah, Tuban di Jawa Timur dan Lhoknga, Aceh dengan total kapasitas  gabungan per tahun 15 juta ton semen, dan mempekerjakan lebih dari 2,500 orang. PT Holcim Indonesia Tbk saat ini mengoperasikan jaringan penyedia bahan bangunan terbesar di dalam negeri, yang mencakup distributor khusus, toko bangunan, ahli bangunan binaan Holcim dan solusi-solusi bernilai tambah lainnya. RLS/NAL

Facebook Comments

Print Friendly, PDF & Email

About the Author



Berita Terkini

Videos