Published On: Jum, Apr 8th, 2016

Inilah Cara EMCL Kembangkan Potensi Pemuda Tuban

TUBAN

KUATKAN KARAKTER : Anggota karang taruna saat mengikuti pembinaan

KUATKAN KARAKTER : Anggota karang taruna saat mengikuti pembinaan

seputartuban.com – Operator minyak dan gas bumi (migas) Blok Cepu, ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) bersama karang taruna Kabupaten Tuban, Dinas Sosial dan Tenaga Kerja (Dinsosnaker) Kabupaten Tuban memberangkatkan puluhan anggota Karangtaruna ke Desa Semen, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar.

Mereka mengikuti pelatihan keorganisasian, kepemimpinan, kewirausahaan, dan strategi komunikasi. “Pemuda sebagai kelompok strategis yang akan memegang estafet kepemimpinan di tengah masyarakat. Ichwan menuturkan, para kader muda itu diharapkan memiliki pengetahuan, keahlian, dan mampu membaca potensi daerah dan dapat mengelolanya dengan baik. Sangatlah penting mendapat perhatian khusus dalam peningkatan SDM,” ungkap perwakilan EMCL, Ichwan Arifin,  Jumat (8/4/2016) di Tuban.

Peserta pelatihan terdiri dari anggota karang taruna Desa Trutup dan Desa Sumberagung Kecamatan Plumpang serta Desa Pucangan dan Desa Glodog Kecamatan Palang. “Keempat desa ini akan menjadi pilot project dalam program tahun ini,” imbuh dia.

Mereka melihat percontohan wirausaha yang sudah dilakukan oleh karang taruna Puspo Jagat yang pernah menjadi juara lomba karang taruna nasional. Para peserta diharapkan bisa menduplikasi dan dikembangkan usaha secara mandiri, kreatif dan produktif. “Desa Semen merupakan Kawasan Wisata Ekologi. Ini kita jadikan media pembelajaran bagi karang taruna dalam mengelola lahan secara maksimal dan aman di wilayah jalur pipa EMCL,” kata dia.

Sementara itu, Ketua Karang Taruna Kabupaten Tuban, Nur Ahsan, meminta para peserta terpilih untuk memanfaatkan kesempatan pelatihan dengan baik. Kerjasama antara pemerintah dengan swasta dan karang taruna harus lebih dikuatkan. Agar dapat melakukan kegiatan yang terarah dan bermanfaat luas. “Dulu karang taruna hanya berperan dalam kegiatan olahraga saja. Sekarang kita harus lebih dari itu, menjadi agen perubahan,” ungkapnya.

Kepala Seksi Penyuluhan Dinsosnaker Kabupaten Tuban, Ponco Sudarmojo, mengaku dana pemerintah untuk program karang taruna sangat minim dan prosesnya tidak mudah. Dia berharap EMCL dapat menerapkan program yang sama kepada karang taruna desa lain. “Kami ucapkan terima kasih kepada EMCL yang sudah mendukung para pemuda ini, semoga bermanfaat untuk pembangunan Kabupaten Tuban,” pungkasnya. MUHAIMIN

Facebook Comments

About the Author