Published On: Sab, Okt 15th, 2016

Inilah Alasan Finalis Cung dan Nduk Tuban 2016 Kunjungi Gua Putri Asih

MONTONG

seputartuban.com – Kamis (13/10/2016) 20 finalis Cung dan Ndhuk Tuban 2016 berkunjung ke Wisata Gua Putri Asih. Dalam rangkaian tour sehari tersebut putra-putri Tuban calon Duta Wisata itu ditugaskan memahami potensi wisata “surga dalam tanah” itu. Karena akan menjadi bahan pertanyaan para juri untuk menentukan siapa yang akan menjadi Duta Wisata Tuban 2016.

SERU : Para finalis Cung dan Nduk Tuban 2016 saat akan memasuki Gua Putri Asih

SERU : Para finalis Cung dan Nduk Tuban 2016 saat akan memasuki Gua Putri Asih

Kedatangan rombongan disambut pengelola wisata potensial Tuban itu. Sebelum memulai kunjungan, mereka berdoa bersama terlebih dahulu di pintu masuk wisata.

Sekretaris Koperasi Wono Asih, Rhofik Susyanto didampingi Ketua Koperasi, Cipnal Muchlip M dan pengurus harian lainya serta petugas Perhutani KPH Parengan mendampingi para finalis. Pada bagian awal, Rhofik menjelaskan rencana pengembangan wisata yang sudah tercantum dalam master plan. Serta potensi-potensi lokal yang dapat dikembangkan untuk menunjang wisata Gua Putri Asih maupun Tuban.

Kunjungan dilanjutkan ke dalam gua, tiap ruang para finalis mendapat penjelasan detail sejarah dan kisah masyarakat tentang Gua Putri Asih.  Ruang 1 sampai 4 seluruhnya dikunjungi, nampak para finalis dengan seksama memperhatikan dan mencatat penjelasan tersebut.

“Ini masih ada beberapa ruang lagi, sementara yang dibuka untuk umum ruang 1 sampai 4 saja. Sedangkan lainya kita siapkan untuk wisata khusus,” katanya.

Yang tidak ketinggalan adalah keseruan foto selfie, wefie dibeberapa tempat. Mulai luar gua, ruang 3 dan foto frame yang telah ada. “Kita berpesan agar masyarakat diajak mencintai lingkunganya sendiri. Termasuk para pengunjung gua agar tidak jahil karena merusak ornamen yang sudah berusia ratusan tahun,” imbunya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perekonomian dan Pariwisata Pemkab Tuban, Farid Achmadi menjelaskan Gua Putri Asih menjadi tujuan tour finalis Cung dan Ndhuk, karena tempat wisata tersebut cukup diminati masyarakat.

Foto bersama para finalis Cung dan Nduk Tuban 2016 dengan pengurus Koperasi Wono Asih dan Staf Dinas Perekonomian dan Pariwisata Pemkab Tuban

Foto bersama para finalis Cung dan Nduk Tuban 2016 dengan pengurus Koperasi Wono Asih dan Staf Dinas Perekonomian dan Pariwisata Pemkab Tuban

“Kita ajak para calon duta wisata ke gua putri asih karena memang gua putri asih yang baru dikelola tapi sudah cukup diminati oleh beberapa elemen masyarakat. Yang mana gua putri asih menurut saya sudah memenuhi  dari 3 syarat minimum untuk dijadikan salah andalan destinasi wisata di Kabupaten Tuban,” tegasnya.

Syarat tersebut adalah Gua putri asih memang layak jual atau obyek yang mempunyai daya tarik. “Istilah dipariwisata obyek  tersebut cukup atraktif utk dinikmati dan sudah ada pengelolaannya. Walaupun kedepan terus harus ditingkatkan fasilitas penunjang agar lebih menarik lagi,” jelasnya.

Lokasi wisata juga mudah dicapai “Artinya untuk menuju kesana transportsinya cukup aman dan nyaman. Yakni jalan dan tempat parkir tersedia,” imbuhnya.

Kemudian syarat yang sudah terpenuhi ketiga adalah promosi sudah dilakukan baik dari kesan pengunjung maupun sarana promosi. “Tapi kita tidak boleh puas, kedepan harus ditingkatkan terus promosinya,” ungkapnya.

Kemudian, kedepan sangat mungkin untuk dikembangkan jadi kawasan pariwisata dengan menambah wahana-wahan wisata alam lain. Misalkan tempat rekreasi outbond, tempat perkemahan, wisata hayati dan wisata edukasi serta lainya. “Harapan kunjungan agar duta wisata bisa mengenali obyek dan mempromosikannya,” pungkasnya. MUHAIMIN

Facebook Comments

About the Author