Published On: Kam, Mei 5th, 2016

Inilah 10 Kecamatan Yang Dapat Cairkan ADD

TUBAN

seputartuban.com – Hingga saat ini baru desa-desa tersebar di 8 kecamatan yg bisa mencairkan alokasi dana desa (ADD). Lambannya pencairan ADD tersebut karena sejumlah desa masih merevisi Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) ADD tahun 2015 maupun administrasi persyaratan lainnya.

DANA SEGAR : Sosialisasi ADD di Gedung Korpri Tuban

DANA SEGAR : Sosialisasi ADD di Gedung Korpri Tuban beberapa waktu lalu

Kepala Bapemas Pemdes dan KB, Mahmudi, mengatakan pihaknya sudah memberi batas akhir, pada 25 Maret 2016. untuk pengajuan berkas syarat untuk mencairkan ADD. Namun per-tanggal 30 April 2016 baru delapan kecamatan yang sudah siap mencairkan dana tersebut.

Delapan kecamatan yang sudah mencairkan yakni, Kecamatan Jenu, Kecamatan Bancar, Kecamatan Tuban, Kecamatan Kerek, Kecamatan Grabagan, Kecamatan Widang, Kecamatan Senori dan Kecamatan Kecamatan Parengan. Sedangkan Kecamatan Montong dan Kecamatan Kenduruan dipastikan segera dapat mencairkan. Karena sudah mulai proses di Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD).

“Jadi ada 132 Desa yang sudah bisa mencairkan. Untuk Kecamatan Montong dan Kecamatan Kenduruan sudah proses di DPPKAD,” katanya, Rabu (4/5/2016).

Mahmudi terus berupaya agar proses tersebut segera selesai. Sehingga pihaknya tinggal fokus pada pencairan Dana Desa (DD). Mengingat kesalahan penulisan memasukkan data sering terjadi, pihaknya terus menekankan agar antara pihak desa dan kecamatan terus saling berkomunikasi.

“Kami juga sudah terus sampaikan Kepada Desa dan Kecamatan untuk aktif berkoordinasi dalam menyelesaikan laporan keuangan dan lainnya. Agar minimal seperti kesalahan tidak sesuai antara berkas satu dengan lainnya tidak terjadi,” tegasnya.

Diketahui ADD Kabupaten Tuban tahun 2016 sebesar Rp. 114,436,147,300. Sedang ADD Kabupaten Tuban tahun 2015 sebesar Rp. 107,2 milyar. maka kenaikan anggaran tersebut mencapai Rp. 7,2 milyar. Dengan anggaran besar ini diharapkan bisa dimanfaatkan dengan baik bagi desa. USUL PUJIONO

Facebook Comments

Print Friendly, PDF & Email

About the Author

Berita Terkini

Videos