Published On: Kam, Agu 25th, 2016

Ini Saran Ketua DPRD Tuban Untuk Perbaikan Wisata

TUBAN

seputartuban.com – Wisata di Kabupaten Tuban harus dikelola dengan serius, baik dan benar agar berdampak positif terhadap keuangan daerah dan masyarakat. Ketua DPRD Tuban, M. Miyadi angkat bicara untuk memberikan saran kepada para pihak terkait.

Ketua DPRD Kab. Tuban, M. Miyadi

Ketua DPRD Kab. Tuban, M. Miyadi

Menutut tokoh penting DPC PKB Tuban itu, sejumlah hal harus dilakukan agar wisata yang dikelola Pemkab Tuban dapat berkembang baik. Yakni wisata harus dikelola secara profesional secara sistem, manajemen maupun penyediaan sarana dan prasarana penunjangnya.

Tidak kalah penting adalah pihak manajemen wisata menugaskan karyawan atau pegawai yang terampil dan jujur. “Serta diimbangi pengawasan yang ketat dan administrasi yang baik dan mudah dikontrol,” katanya, Rabu (24/8/2016).

Di Tuban, Pemkab Tuban selain mengelola wisata secara mandiri, juga terdapat tempat wisata yang operasionalnya atas kerjasama dengan pihak ketiga. Hal itu juga perlu dilakukan dengan benar dan profesional secara hukum, administrasi maupun sisi ekonomi. Pemkab lebih mudah dan dapat dipertanggungjawabkan hasil monitoring kinerja pihak ketiga tersebut. “Model kerjasama harus melalui MOU yang jelas antara pelaksana dengan pihak ketiga,” imbuhnya.

Sedangkan langkah awal yang harus dilakukan Pemkab Tuban untuk membenahi kepariwisataan di Kabupaten Tuban selain membuat Perda Rencana Induk Pembangunan Pariwisata Daerah (RIPPDA) juga keseriusan niat para pejabatnya. “Membangun komitmen pemerintah daerah untuk fokus mengembangkan pariwisata. Kedua menempatkan orang yang tepat di Dinas Pariwisata,” pungkasnya. MUHAIMIN

Facebook Comments

About the Author

Displaying 1 Comments
Have Your Say
  1. Margianto berkata:

    Untuk tiket masuk sebaiknya menggunakan tiket gelang, sebagaimana yang digunakan tempat2 wisata pada umumnya, seperti WBL, jatim park malang, dll., karena tiket gelang tidak akan bisa digunakan lagi oleh petugas loket