Published On: Kam, Apr 6th, 2017

Ini Kata Gubernur Jatim Saat Pembukaan TMMD Ke-68 

seputartuban.com, PLUMPANG – Gubernur Jawa Timur, Soekarwo, Rabu (5/4/2017) membuka pelaksanaan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-98 di Lapangan Joko Tarub, Desa Sumberagung, Kecamatan Plumpang, Kab. Tuban. Gubernur mengatakan sasaran lokasi program sudah tepat, dan melaksanakan TMMD sama halnya menjalankan sebuah amanah luhur.

BUKTI NYATA : Acara pembukaan TMMD debgan inspektur upacara Gubernur Jatim, Soekarwo

Sasaran TMMD dilakukan di Desa Sumurjalak, Kec. Plumpang. Menurut Gubernur Jatim yang akrab disapa Pakde Karwo itu mengungkapkan pelaksanaan program ini sangat berdampak baik dalam sejumlah bidang sekaligus.
Diharapkan selain dapat mendekatkan TNI dengan masyarakat secara langsung juga mampu pula meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) dilingkungan sekitar. Serta meningkatkan kerjasama yang baik antara para prajurit TNI bersama masyarakat dan lintas sektor sebagai wujud operasi Bhakti TNI dengan program terpadu. “Tujuan dari gagasan pelaksanaan kegiatan ini adalah membangun serta menumbuhkan suasana guyup, rukun dan harmoni ditengah masyarakat. Menjadi bagian kerukunan lintas sektor, serta mempertahankan perilaku gotong royong yang diajarkan leluhur,” kata Gubernur.

Selain pembangunan infrastruktur menyatu dengan masyarakat, juga melakukan pendidikan mental masyarakat. Dengan melakukan penyuluhan pertanian, peternakan, keagamaan hingga pencegahan masuknya aliran radikal. Salah satu lokasi TMMD adalah di Dusun Bangilan RT 03 RW 05 yang aksesnya terpencil. Anggota TNI juga akan membaur dalam kehidupan sehari-hari selama pelaksanaan TMMD.

Penjelasan Gubernur : Gubernur Jatim, Soekarwo didampingi Bupati Tuban, Fathul Huda (baju putih) saat memberikan keterangan pers kepada wartawan

“Program TMMD ini adalah amanah, sehingga bagi setiap kepala daerah berkewajiban bekerjasama dalam meningkatkan ksejahteraan masyarakat, membangun bersama rakyat dengan gotong royong, serta harus dikawal secara serius dan sungguh-sungguh agar berhasil dan bermanfaat untuk rakyat,” pungkasnya.
Hadir dalam acara pembukaan itu, Gubernur Jawa Timur, Pandam V Brawijaya serta Danrem Mojokerto beserta staf, Pimpinan Daerah Kab. Tuban, swasta, ormas. Serta pejabat daerah, hingga masyarakat lintas sektor. Hadir juga pendekar silat dari 3 organisasi berbeda.

Diketahui, dipilihnya Dusun Bangolan Rt 03 Rw 05 tersebut mengingat  wilayah itu merupakan daerah terpencil karena letaknya berada di kawasan hutan. Pembangunan sarana infrastruktur belum dapat dilaksanakan pihak pemerintah desa lantaran akses jalan menuju lokasi sepanjang 7 KM sulit ditempuh menggunakan kendaraan bermotor. Sedangkan penerangan listrik PLN, baru merambah wilayah setempat sejak akhir tahun 2014 lalu. 

Diektahui,  TMMD menjadi agenda rutin tahunan oleh TNI. Tahun 2017 atau ke-98, di Jawa Timur dilakukan di 5 Kabupaten berbeda. Yakni Kabupaten Tuban, Bangkalan, Trenggalek, Jember, dan Banyuwangi.

Di Kabupaten Tuban, kegiatan Pra TMMD dilakukan pada 22 Maret sampai 4 April 2017. Sedangkan pelaksanaan TMMD pada 5 April sampai 4 Mei 2017. Dengan melakukan pembangunan fisik dan non fisik masyarakat. ARIF AHMAD AKBAR

Facebook Comments

About the Author