Published On: Jum, Agu 24th, 2018

Ini Detail Peristiwa Hebohnya Pengamanan WNA Cina di Holcim

seputartuban.com, TUBAN – Tim Pemantauan Orang Asing (Tim Pora), Kabupaten Tuban, Kamis (23/8/2018) jam 13.00 WIB sampai jam 17.30 WIB melakukan pengamanan Warga Negara Asing (WNA) asal Cina di kawasan PT Holcim Indonesia. Tepatnya di Pos Pintu Masuk kawasan pabrik yang berada di Desa Sawir, Kecamatan Tambakboyo, Kabupaten Tuban tersebut.

HEBOH : Tiga WNA asal Tiongkok saat diperiksa di salah satu ruangan kantor PT Holcim Indonesia Tbk. Pabrik Tuban

Berdasarkan data dari Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Pemkab Tuban, telah diamankan 3 WNA asal Tiongkok tersebut oleh personil keamanan pabrik yang bernama Nur Hasim. Ketiganya adalah WNA tersebut adalah Qianbin, lahir pada 04 Maret 1981 dengan nomor Paspor EB 5892487.

Kemudian Wang Chong Yang, lahir pada 18 Pebruari 1988, dengan nomor Parpor E 39152494. Serta  Yao Shuwei lahir pada 08 Juli 1996 dengan nomor Paspor ED 5292918.

Awal pengungkapan kejadian ini bermula sekira jam 13.00 WIB, Mobil Conpero Wulling dengan Nopol B 2165 BZA dikemudikan oleh Sdr. Febrianto Alwi, akan masuk ke area PT.Holcim. Sesampainya di Pintu Pos Scurity dilakukan penghentian dan pemeriksaan oleh salah satu personil scurity yakni Nurhasim  dan mengetahui didalam mobil tersebut terdapat 3 WNA asal Cina.  Kemudian ketiga WNA tersebut dibawa kantor pengamanan perusahaan dan kemudian menghubungi Tim Pora Kabupaten Tuban.

Selanjutnya unsur Tim Pora Kabupaten Tuban datang ke lokasi untuk menindaklanjuti temuan tersebut. Dari Kodim 0811 Tuban, Staf Kesbangpol Pemkab Tuban dan anggota Polres Tuban.

Kemudian sekira pukul 17.00 WIB ketiga WNA tersebut dibawa ke Polres Tuban dan langsung ditemui Kasat Intelkam Polres Tuban. Dikarenakan mengalami kendala pemeriksaaan karena faktor ketiganya tidak dapat berbahasa indonesia maupun bahasa inggris, kemudian dibawa ke Surabaya.

Selanjutnya kasus ini ditangani Tim Pora Jatim dan Imigrasi kelas 1 Surabaya. Karena memiliki tenaga ahli bahasa yang mumpuni sehingga dapat mengurai kondisi ketiganya.

Plt, Kepala Kesbangpol Pemkab Tuban, Joko Sarwono, Jumat (24/8/2018) sore menegaskan yang dilakukan Tim Pora bukan penangkapan, melainkan pengamanan. Dengan kejadian ini, upaya pengawasan dilapangan akan ditingkatkan.

“Langkah tim Pora Kab. Tuban akan melakukan Monev (Monitoring dan Evaluasi) secara rutin di lapangan, ditempat-tempat sentra industri di Tuban dan  pendataan WNA yang bekerja di Tuban. Serta bekerja sama dengan kantor imigrasi untuk sosialisasi kepada para Camat dan Kades yang wilayahnya terdapat industrialisasi,” jelasnya.

Sementara itu, pihak PT Holcim Indonesia kepada seputartuban.com menegaskan pihaknya tidak dapat menjelaskan detail siapa sebenarnya 3 WNA asal Cina yang diamankan tersebut. Karena pihaknya juga yang melakukan pengamanan pertama. Setelah diketahui ketiganya tidak karyawan perusahaan dan tidak memiliki dokumen pendukung warga asing, maka tim pengamanan perusahaan menghubungi Tim Pora Kabupaten Tuban. NAL

Update Berita : PT Holcim Indonesia Tegaskan Tidak Tahu Sejatinya WNA Cina Yang Diamankan

Facebook Comments

About the Author