Published On: Jum, Jul 31st, 2015

Infrastruktur dan Pilkada Urat Nadi PAPBD 2015

TUBAN

MIYADI:Pilkada merupakan amanat undang-undang dan demokrasi. Sedangkan perbaikan jalan juga kebutuhan masyarakat. Ini sama pentingnya.

MIYADI:Pilkada merupakan amanat undang-undang dan demokrasi. Sedangkan perbaikan jalan juga kebutuhan masyarakat. Ini sama pentingnya.

seputartuban.com-Sebagai wilayah kaya potensi alam dan basis industri masa depan, pembangunan infrastuktur di Kabupaten Tuban menjadi hal penting serta fundamental.

Dengan infrastruktur yang baik tentu akan berdampak pada kesejahteraan masyarakat serta perekonomian nasional.

Berkaitan itu dalam perubahan anggaran pendapatan dan belanja daerah (PAPBD) 2015 Pemkab Tuban diberikan amanah untuk membenahi infrastruktur jalan.

Hal ini dilakukan sebagai jawaban keluhan masyarakat terhadap belum maksimalnya infrastruktur jalan.

Ketua DPRD Tuban, M Miyadi, mengatakan dalam PAPBD saat ini berfokus kepada pembangunan infrastruktur.

“Perbaikan jalan yang rusak ringan dan parah menjadi prioritas,” tegas politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) asal Kecamatan Montong ini, Jumat (31/07/2015) sore.

Namun demikian, Miyadi, mengimbau masyarakat bersabar karena dalam PAPBD 2015 ini banyak terserap untuk pelaksanaan pilkada. Sehingga secara langsung keseimbangan penganggaran harus dilakukan dengan penentuan skala priortas program.

“Pilkada merupakan amanat undang-undang dan demokrasi. Sedangkan perbaikan jalan juga kebutuhan masyarakat. Ini sama pentingnya,” ungkapnya sembari menandaskan tahun 2016 mendatang diharapkan kondisi jalan sudah mulus seperti yang diharapkan masyarakat.

Menurut Miyadi, kepercayaan yang telah diberikan masyarakat harus diabdikan kembali dengan jalan mempertaruhkan segala sesuatunya bagi kepentingan rakyat.

“Kita akan dapat membalas jasa dan kepercayaan masyarakat dengan jalan membela amanat mayarakat. Jadi, rakyat dan amanatnya itu senantiasa ada dalam sanubari,” katanya.

Sementara itu, dengan akan digelarnya pelaksanaan pilkada 9 Desember nanti diharapkan masyarakat turut serta menciptakan suasana kondusif. Serta meningkatkan partisipasi dalam menggunakan hak pilihnya.

“Masyarakat meningkat partisipasinya, pilkada berjalan damai. Peran serta pimpinan daerah juga akan mempengaruhi kualitas pesta demokrasi itu sendiri. Koordinasi optimal akan berdampak pada situasi yang kondusif,” tutur Miyadi.

Sebelumnya, dalam sebuah kesempatan Wakil Bupati Tuban Noor Nahar Husein, menegaskan dalam PAPBD 2015 akan difokuskan untuk pembangunan prasarana jalan poros desa dan kecamatan, yang diperkirakan akan menguras sisa APBD 2015 sebesar Rp 41 miliar. Sementara untuk pembangunan JLS dianggarkan Rp 30 miliar.

Namun begitu, pada sisi lain beberapa pos dalam APBD 2015 akan dipangkas untuk mendanai Pilkada Tuban akhir tahun nanti sebesar Rp 60 miliar.

Soal ini, birokrat asal Desa Rengel tersebut menegaskan pelaksanaan pilkada tak mengubah komitmen Pemkab Tuban fokus menata jalan.

“Fokus PAPBD kali ini tetap untuk perbaikan dan pembangunan prasarana jalan,” tandas dia.  MUHAIMIN

Facebook Comments

About the Author