Published On: Rab, Mar 1st, 2017

Industrialisasi Tuban Picu Konflik Sosial

seputartuban.com, SOKO – Industrialisasi di Kabupaten Tuban dapat memicu meningkatnya potensi kerawanan konflik sosial cukup tinggi. Hal itu disampaikan oleh Kapolres Tuban, AKBP Fadly Samad dalam pertemuan antara warga dengan perwakilan Joint Operation Body Pertamina-Petrochina East Java (JOB PPEJ), Selasa (28/22017) di Kantor Kecamatan Soko.

Kapolres Tuban, AKBP Fadly Samad

Kapolres menyampaikan selain konflik itu timbul akibat permasalahan sosial dan urusan perekrutan ketenagakerjaan. Potensi konflik lainya adalah realisasi dana Corporate Social Resposibility (CSR) oleh perusahaan untuk masyarakat dan Pemerintah Desa.

“Waktu Rapat Pimpinan (Rapim) di Jakarta beberapa waktu lalu, Jawa Timur yang paling disebut-sebut sebagai salah satu wilayah yang berpotensi menimbulkan kerawan. Waktu itu yang disebut salah satunya adalah JOB.PPEJ. Sedangkan letak industrinya berada di Kabupaten Tuban,” katanya.

Menurutnya, dinyatakan sebagai daerah rawan konflik sosial tersebut mengingat sejauh ini Tuban memiliki berbagai perusahaan besar. Diantaranya BUMN dibidang perminyakan dan persemenan.

Terkait konflik sosial warga Desa Rahayu dengan JOB PPEJ, pihaknya konsisten melakukan pengawalan dan pengamanan aksi massa. Polisi berkewajiban memberikan ‎pengamanan khusus, melakukan pencegahan dan pengamanan premanisme, turut menyelesaikan masalah sengketa tanah. Hingga berbagai gangguan lainnya selama aksi masa yang dilakukan warga tersebut berlangsung dikawasan industri yang telah ditetapkan sebagai objek vital negara.

Terciptanya jaminan keamanan dan kepastian hukum hingga suasana kondusifitas dimasing-masing perusahaan, mampu membantu mempromosikan Kabupaten Tuban kepada para investor. Baik dalam negeri maupun luar negeri agar tidak melaksanakan aktifitas usahanya diwilayah lain.

“Selama ini kami selalu dituduh masyarakat sebagai kambing hitam, disatu sisi kami melaksanakan peran sebagai pelindung dan pengayom masyarakat. Disisi lain kami harus memberikan pengamanan pada perusahaan karena perusahaan itu merupakan aset negara,” tegasnya.

Diketahui, Tuban saat ini memiliki beberapa perusahaan besar berskala nasional dan internasional. Dantaranya adalah JOB  PPEJ, PT. Semen Indonesia, PT. Semen Holcim, PT TPPI. Serta terbaru adalah kilang minyak milik PT. Pertamina dengan Rosneft yang diperkirakan mulai beroperasi pada Tahun 2019 mendatang. ARIF AHMAD AKBAR

Facebook Comments

About the Author