Published On: Rab, Mar 9th, 2016

Imunisasi Nasional Jaminan Kesehatan Sejak Dini

SOKO

DIMULAI : Kepala Dinas Kesehatan Pemkab Tuban, Saiful Hadi saat menyampaikan sambutan pembukaan

DIMULAI : Kepala Dinas Kesehatan Pemkab Tuban, Saiful Hadi saat menyampaikan sambutan pembukaan

seputartuban.com – Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban, mengawali Pekan Imunisasi Nasional (PIN), Selasa (8/3/2016) di Kecamatan Soko. Ceremonial itu pertanda dimulainya pelaksanaan PIN di Kabupaten Tuban untuk memberikan jaminan kesehatan sejak dini kepada masyarakat khususnya memangkas virus polio.

“Pekan Imunisasi Nasional ini bertujuan untuk mencegah anak-anak generasi penerus bangsa agar terhindar dari dampak Polio, Campak, Difteri, Titanus, dan Hepatitis. Virus itu sangat cepat menular jika tidak sejak dini tidak dilakukan pencegahan,” kata Kepala Dinas Kesehatan Pemkab Tuban, Saiful Hadi ditengah acara.

SIMBOLIS : Bupati Tuban, Fathul Huda didampingi istri dan undangan melepaskan balon simbolis dimulainya pelaksanaan PIN di Kabupaten Tuban

SIMBOLIS : Bupati Tuban, Fathul Huda didampingi istri dan undangan melepaskan balon simbolis dimulainya pelaksanaan PIN di Kabupaten Tuban

Imunisasi pemberian vaksin itu dilaksanakan dengan tujuan mengurangi resiko penularan virus. Diantaranya dengan meningkatkan tingkat kekebalan masyarakat terhadap penyakit polio, serta memberikan perlindungan secara optimal dan merata sejak usia balita.

Program yang diperuntukkan anak berusi 0 hingga 5 tahun itu diwajibkan karena mereka sangatlah beresiko tinggi terserang virus. Imunisasi berupa pemberian vaksin polio jenis tetes sebanyak 2 tetes untuk setiap anak.

Diharapkan kepada lintas sektor lembaga dan masyarakat agar dapat mendukung dan menyukseskan kegiatan tersebut. Dengan cara menyampaikan dan mengajak seluruh kalangan untuk mengikuti pemberian vaksin yang disasarkan kepada anak sejak umur 0-59 bulan untuk datang ke Pos kesehatan terdekat.

“Awal pembukaan pelaksanaan imunisasi ini di ikuti sebanyak 81.610 anak. Yang  kegiatan perdananya kami laksanakan diwilayah Kecamatan Soko. Setelah ini, pencanangan kegiatanya akan dilaksanakan dimasing-masing kecamatan secara serentak sampai dengan tanggal 15 Maret 2016 nanti,” imbuhnya.

DIMULAI : Wakil Bupati Tuban, Noor Nahar Hussein meneteskan imunisasi kepada bayi saat pembukaan PIN Kabupaten Tuban di Kantor Kecamatan Soko

DIMULAI : Wakil Bupati Tuban, Noor Nahar Hussein meneteskan imunisasi kepada bayi saat pembukaan PIN Kabupaten Tuban di Kantor Kecamatan Soko

Bupati Tuban, Fathul Huda, sangat mengapresiasi pelaksanaan PIN. Menurutnya melalui kegiatan itu jaminan hidup sehat masyarakat Tuban dapat dipastikan mampu terhindar dari resiko tinggi rawan polio.

“Semoga setelah dilaksanakanya Pekan Imunisasi secara serantak ini dapat menjamin masyarakat khususnya Tuban terbebas dari virus polio. Mengingat penyakit jenis ini mebahayakan karena peredaran virusnya sangat cepat menyebar,” katanya.

Polio merupakan penyakit yang menyerang pada susunan saraf pusat. Data secara klinis, penyebab virus polio ini menyerang anak-anak dibawah umur 15 tahun. Serta menyebabkan penderitanya lumpuh atau layu akut.

Kelumpuhan dimulai dengan munculnya gejala demam disertai nyeri otot dan kelumpuhan pada minggu pertama saat sakit. Kemudian semakin memburuk hingga melumpukhan otot dan pernafasan jika tidak ditangani dengan segera.

Awal pekan imunisasi nasional yang dipusatkan di Kantor Kecamatan Soko tersebut dilaksanakan sejak Pukul 08:00 WIB hingga Pukul 10:30 WIB. Dimulainya pelaksanaan imunisasi ditandai secara simbolis Bupati dan Wakil Bupati memberikan imunisasi kepada balita yang disaksikan undangan.

Hadir dalam kegiatan itu, Kabag Sumda Polres Tuban, Kompol Dodi Irianto mewakili Kapolres. Dan Kepala Staf Kodim (Kasdim) 0811 Tuban, Mayor Inf. Suko Edi Winarto mewakili Dandim. ARIF AHMAD AKBAR

Facebook Comments

About the Author