Published On: Sel, Feb 9th, 2016

Imlek 2567, Upaya Menanamkan Karakter Monyet Api

TUBAN

MERIAH : Ribuan anak mengikuti lomba mewarnai dalam rangka peryaan Imlek

MERIAH : Ribuan anak mengikuti lomba mewarnai dalam rangka peryaan Imlek

seputartuban.com – Perayaan Imlek 2657 di Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) Kwan Sing Bio Tuban,berbeda dari sebelumnya. Kali ini pengurus melaksanakan lomba mewarnai untuk anak-anak.

Menurut Ketua Pengurus TITD Kwan Sing Bio, Gunawan Putra Wirawan, mengatakan Lomba Mewarnai dalam rangka memperingati Imlek belum pernah dilakukan TITD lainya. “Belum ada tempat ibadah yang menyelenggarakan lomba mewarnai untuk anak-anak, ada makna filosofis tersendiri pastinya,” katanya, Senin (8/2/2016).

Secara filosofi dia menjelaskan tahun ini masuk tahun monyet api, Monyet memiliki yang cerdas, cerdik, kreatif dan independen. Sikap tersebut patut ditanamkan keanak anak. Sehingga dengan lomba menggambar tersebut, diyakini mampu membawa berkah untuk membawa kabupaten Tuban kedepannya, melalui goresan goresan kreatifitas dari anak anak.

“Ada yang meramalkan tahun ini banyak kesialan. Selama kita tidak bisa memahami shio tersebut, jadi kegiatan ini sebagai wujud menyambut dan memahami shio tersebut,” ungkapnya.

Diketahui, pada kegiatan Imlek ke 2567 terdapat 3.000 pengunjung yang datang ke TITD Kwan Sing Bio. Serta terdapat 1200 peserta lomba mewarnai dari anak didik tingkat PAUD dan TK.

Dia bersyukur dengan banyak pengunjung yang datang ke Klenteng Kwan Sing Bio, dia mengungkapkan setelah Gus Dur meresmikan Imlek sebagai hari libur nasional, banyak umat yang datang ke Kwan Sing Bio. “Sebelum era Gus Dur menjadi presiden, umat sedikit yang sembahyang dan pengunjungpun sepi”, tandasnya.

Komisaris Umum Perhimpunan TITD Se Indonesia ini menambahkan Pada Imlek kali ini sengaja lebih fokus untuk kegiatan bakti sosial dan tidak lagi membagi angpao, karena sangat banyak orang yang memintanya. USUL PUJIONO

Facebook Comments

About the Author