Published On: Sen, Mar 27th, 2017

Ilmu Wartawan Jadi Materi Perkemahan Pramuka Soko

seputartuban.com, SOKO – Jurnalistik menjadi salah satu materi dalam perkemahan Gladian Pemimpin Satuan (Gladian Pinsat) yang diselenggarakan Kwartir Ranting (Kwaran) Soko, Minggu (26/3/2017) di bumi perkemahan Sendang Bentaor, Desa Klumpit, Kecamatan Soko. Diharapkan karya jurnalistik mereka dapat berdampak baik bagi Pramuka kedepan.

DISKUSI : Saat diskusi kecil dengan perwakilan peserta perkemahan Dian Pinsat Kwaran Pramuka Soko di Bumi Perkemahan Bentaor, Desa Kumpit, Kecamatan Soko, Minggu (26/3/2017)

Peserta dari utusan sekolah yakni Sangga putra dan Putri dan satuan karya Pramuka (SAKA) belajar singkat bagaimana menulis berita. Meski mereka tidak menjadi wartawan, namun dapat menyampaikan pesan tentang Pramuka kepada masyarakat luas atau komunitasnya. Melalui media sosial maupun media informasi lainya di sekolah.

Ketua Kwaran Pramuka Soko, M Sudardi dalam laporan kegiatanya mengatakan pelaksanaan perkemahan tujuannya untuk mendidik para tunas bangsa. “Tujuannya sebagai sarana untuk belajar bersosialisasi di masyarakat dan untuk mempersiapkan generasi muda yang berkarakter,” katanya.

Materi jurnalistik penting diberikan kepada peserta perkemahan karena sangat perlu masyarakat atau siswa lainya mengetahui hal-hal menarik dari Pramuka. Topik tertentu dapat ditulis dan dipublikasikan agar masyarakat atau siswa lainya yang belum gabung Pramuka dapat mengetahui secara utuh. Hal baik, menarik dan bermanfaat yang diajarkan. “Diharapkan memunculkan ketertarikan. Serta hal positif Pramuka dapat diketahui masyarakat luas,” katanya.

Sebagai narasumber adalah Pimpinan seputartuban.com, Cipnal Muchlip M. Yang juga memiliki pengalaman kepramukaan sebelum aktif di kewartawanan. Dia menyampaikan agar para siswa selain memperdalam jurnalistik juga memahami penggunaan media sosial dengan benar. Dengan mengedepankan etika dan mempertimbangkan aturan perundangan. Apalagi mereka masih menjadi siswa. “Gunakan sarana Media dengan bijaksana. Jangan asal tulis ya,” pesanya.

Dia juga berpesan jika ingin mendalami ilmu jurnalistik, sebaiknya dibuatkan kelas khusus. Sehingga pemahaman akan lebih maksimal. “Kalau ada kelas khusus itu sangat baik,” ungkapnya.

Diketahui perkemahan itu dilaksanakan mulai Minggu (26/3/2017) sampai Selasa (28/3/2017). Diikuti ratusan siswa urusan SAMA,SMK dan MA di Kecamatan Soko serta perwakilan SAKA. Mereka adalah anggota Pramuka Bantara dan Laksana. Ratusan peserta tersebut selain kegiatan perkemahan, juga akan membagikan paket sembako bagi puluhan warga miskin sekitar lokasi perkemahan. redaksi

Facebook Comments

About the Author