Published On: Sab, Mei 7th, 2016

Ilham Azka, Usai Dilantik Langsung Turun Aksi Peduli Kearifan Lokal

PARENGAN

seputartuban.com – Sedekah Bumi di Dusun, Krasaan Desa Kumpulrejo, Kecamatan Parengan, Jumat (6/5/2016) berbeda dari biasanya. Tradisi tahunan yang dilaksanakan di kawasan Makam Dewi Sri itu dihadiri anggota DPRD Tuban, dari kader Partai NasDem, Ilham Azka yang belum lama dilantik sebagai anggota dewan.

LANGSUNG ACTION : Anggota DPRD Tuban, Ilham Azka saat menyampaikan sambutan dalam sedekah bumi

LANGSUNG ACTION : Anggota DPRD Tuban, Ilham Azka saat menyampaikan sambutan dalam sedekah bumi

Kepala Desa Kumpul Rejo, Kunarsono, menyampaikan kehadiran Ilham Azka adalah sebuah kehormatan tersendiri buat desanya. Walau sudah diangkat menjadi anggota DPRD melalui proses pergantian antar waktu (PAW), masih mengingat dan perhatian terhadap tanah kelahirannya. Selain tiu juga menjadi penyemangat bagi masyarakat agar tetap menggiatkan kelestarian budaya dan tradisi leluhur. Salah satunya adalah tradisi tahunan yang diadakan tiap hari Jumat Legi setelah musim panen padi tersebut.

Dalam kegiatan sedekah bumi, desa tersebut selalu mengadakan Gebyar Seni Langen Tayub usai tasyakuran. Hajatan tersebut sebagai bentuk rasa syukur akan hasil panen yang diberikan Tuhan. “Berharap hajat turun temurun ini akan tetap bertahan. Sekaligus sebagai wujud rasa syukur kita kepada Allah SWT atas hasil panen di desa ini. Sekaligus berharap agar desa ini menjadi desa gemah ripah lohjinawe,” katanya.

Mitosnya, dulu desa tersebut pernah mengalami pagebluk (Bala), warga banyak yang meninggal dunia. Penyebabnya, seorang anak penggembala sapi di desa tersebut membunuh wanita dengan tubuh bagian bawah berwujud ular, yang dipercaya merupakan Putri Pajang yang terhanyut hingga sampai di desa tersebut. “Ketika itu salah satu pemuka adat di desa kami dapat mimpi, agar desa mengadakan pertunjukan langen tayub tiap tahunnya sebagai tolak bala. Untuk menghindari atas sering terjadinya kematian warga desa kami saat itu,” pungkas Kunarsono.

Kerukunan masyarakat sangat kuat ditengah sedekah bumi

Kerukunan masyarakat sangat kuat ditengah sedekah bumi

Sementara itu, anggota DPRD Tuban, Ilham Azka, mengatakan selain kedatanganya sesuai janjinya usai dilantik akan langsung kerja dan turun ke masyarakat. Selain itu sebagai wujud menjaga kebudayaan leluhur, khususnya tradisi sedekah bumi ini agar bertahan dan terus dilestarikan.

Karena dalam sedekah bumi terdapat banyak nilai luhur, diantaranya budaya gotong royong, saling menghormati, menjaga silaturrahmi hingga mendidik rasa bersyukur serta nilai-nilai luhur lainya. “Budaya sedekah bumi ini sudah tradisi turun temurun dan harus dilestarikan. Saya juga akan memberi perhatian lebih untuk ikut dalam melestarikan budaya lokal atau leluhur,” katanya.

Ilham menambahkan bahwa di wilayah Kecamatan Parengan juga banyak memiliki keragaman budaya yang perlu dilestarikan dan juga di promosikan. Sehingga kedepan bisa menjadi salah satu ikon dan juga dikembangkan menjadi daerah wisata. “banyak kebudayaan yang masih terabaikan dan perlu diperhatikan agar tidak punah,” harapnya. USUL PUJIONO

Facebook Comments

Print Friendly, PDF & Email

About the Author

Videos