Published On: Sen, Jan 16th, 2017

IKSPI Kera Sakti Montong Perkuat Kualitas Pendekarnya

seputartuban.com, MONTONG – Keluarga besar IKSPI Kera Sakti  Ranting Montong, Minggu (15/1/2017) menggelar acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan HUT ke 37 di Lapangan Desa Pakel. Acara itu sebagai upaya menjaga kualitas dan kuantitas pendekar Kera Sakti.

MUMPUNI : Sejumlah pendekar IKS PI Kera Sakti saat menunjukkan kemahiranya dalam acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan HUT IKS PI di lapangan Desa Pake, Minggu (15/1/2017)

Dalam acara itu juga diramaikan pertunjukan seni beladiri kuntaw khas Kera Sakti. Maupun peragaan jurus Seni Tunggal, khas Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI). Serta pertunjukan group Reog yang juga dimainkan para pendekar dan tausiyah agama dari ulama.

Ketua ranting, Muhammad Layim, menyampaikan rasa syukurnya dengan dapat melaksanakan HUT IKSPI ke 37 Tahun dan berharap pelaksanaan semacam itu bisa terlaksana tiap tahun. “Semoga akan membawa berkah dan manfaat sehingga akan memberi langkah yg lebih baik,” harapnya.

Ketua ranting periode pertama dan ketiga itu berpesan bahwa IKSPI Kera Sakti khususnya di Kecamatan Montong untuk tidak sekedar mengedepankan banyaknya jumlah warganya saja. Namun juga harus diimbangi dengan kualitas menjaga sikap, potensi dan prestasi yang tinggi pula.

“IKSPI ada di Tuban sudah sejak 90an dan sampai sekarang. Warganya juga sudah cukup banyak. Namun kuantitasnya harus diimbangi dengan kualitas. Jangan penampilan saja. Ingat ilmu yang telah dipelajari sekian waktu akan tanpa bunga jika tidak diimbangi dengan pengamalan. Dengan kependekarannya tetap diiringi dengan Akhlakul Karimah,” harapnya.

Dengan peringatan Maulid Nabi, diharapkan para pendekar dapat mengambil suri tauladan dari sifat Rasulullah tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Sebagaimana yang telah diajarkan oleh para leluhur Kera Sakti untuk memberikan pengabdian terbaik kepada lingkunganya.

Kapolsek Montong, AKP Rukimin, menyampaikan apresiasinya dengan keberadaan berbagai perguruan silat di Kecamatan Montong, yang tetap menjaga toleransi antar perguruan dan ketertiban masyarakat. “Perguruan silat di Montong situasinya kondusif tidak ada gejolak antar pendekar perguruan,” katanya dalam sambutan.

Dia juga mengapresiasi keberadaan Pendekar Siaga di Desa Guwoterus Kecamatan Montong yang antar perguruan silat bersatu dalam menjaga keamanan lingkungan desa. “Di Guwoterus kita bentuk pendekar siaga. Membantu aparat keamanan dalam bentuk Kantibmas untuk menjaga keamanan lingkungan desa,” jelasnya.

Dia berpesan kepada warga perguruan silat dengan berbagai warnanya untuk menjaga solidaritasnya serta saling bekerjasama dalam menjaga ketertiban dan keamanan lingkungan. Diantaranya dari gangguan kriminalitas dan kejahatan.

“Peran kita semua bagaimana situasi Montong bisa kondusif. Jaga kekompakan antar perguruan. Para sesepuh ajari anak buahnya yang lebih baik dan positif dalam semua hal. Bisa membentuk pendekar siaga tingkat kecamatan untuk menjaga keamanan lingkungannya,” pesan Kapolsek. USUL PUJIONO

Facebook Comments

About the Author