Published On: Ming, Okt 28th, 2012

Idul Adha, Harga Kulit Sapi Dan Kambing Naik

TOTAL POSITIF
ORANG
Positif
TOTAL SEMBUH
ORANG
Sembuh
TOTAL MENINGGAL
ORANG
Meninggal
INDONESIA

POSITIF , SEMBUH , MENINGGAL

Indonesia
Sumber data : Kementerian Kesehatan & JHU. Update terakhir :
Share This
Tags

Penulis : Hanafi

TUBAN

seputartuban.com – Harga kulit Kambing dan sapi di hari raya Idul Adha mengalami kenaikan. Di tempat pembelian kulit milik Mohammad Fais Mashur (22)warga, Dukuh Dukuhan, Kelurahan Perbon, Kecamatan Tuban, Kabupaten Tuban, harga kulit untuk semua jenis hewan kurban mengalami kenaikan hingga 50%.

Seperti harga kulit sapi, awalnya untuk 1 Kg seharga Rp. 20.000, sekarang menjadi Rp. 30.000. Untuk harga kulit kambing dibedakan menjadi 2, yaitu kulit kambing gibas dan jawa. Untuk harga kulit kambing jawa, mulanya Rp. 7.000, sekarang menjadi Rp. 14.000. Sedangkan untuk harga kambing gibas awalnya Rp. 9.000 menjadi Rp. 17 000.

Banyaknya hewan kurban, membuat usaha ini mendapatkan angin segar. Bila musim haji seperti ini bisa mencapai ratusan juta per-bulan. Namun bila hari biasa pendapatanya berkisar antara Rp. 30 juta hingga 50 juta per- bulan.

Untuk penyalurannya, semua kulit yang telah dibeli, diproses dahulu dengan penggaraman. Hal ini dilakukan agar kulit tidak membusuk. Kemudian dikirim ke pengolahan kulit, seperti di Kabupaten Sidoarjo, Pati dan Rembang. ” Untuk Gibas itu, Rp. 50 ribuan, untuk kambing Jawa Rp. 30 ribuan, kulit sapi yang sedang sekitar Rp. 300 ribu, tergantung berat dan ukurannya, ” tuturnya.

Foto : Aktivitas ditempat pembelian kulit kambing dan sapi

Facebook Comments

Print Friendly, PDF & Email

About the Author

Videos

TOTAL POSITIF
ORANG
Positif
TOTAL SEMBUH
ORANG
Sembuh
TOTAL MENINGGAL
ORANG
Meninggal
INDONESIA

POSITIF , SEMBUH , MENINGGAL

Indonesia
Data Update Coid-19 Indonesia Sumber data : Kementerian Kesehatan & JHU. Update terakhir :