Published On: Rab, Des 7th, 2016

Hutang DAU 2 Bulan Pemerintah Pusat Sudah Dicairkan

TUBAN

seputartuban.com – Dana alokasi umum (DAU) dari pemerintah pusat yang tertunda pencairanya akhirnya dicairkan. Kementerian Keuangan (Kemenkeu) RI mencairkan untuk dua bulan yakni bulan November dan Desember ini, Rp 28,4 miliar perbulannya untuk bulan November dan Desember.

ilustrasi uang

ilustrasi uang

Kabag Humas dan Media Setda Kab. Tuban, Teguh Setyobudi menyampaikan untuk DAU bulan November sudah cair tepat waktu dengan jumlah yang sama yakni Rp 28,4 perbulannya. Serta untuk bulan Desember juga dipastikan cair tepat waktu bulan ini.

Dia menjelaskan dengan dikirimkannya DAU yang sempat terutang pencairannya tersebut merupakan komitmen pemerintah pusat dimana saat kondisi keuangan negara stabil. “Kondisi keuangan negara saat ini membaik sehingga memungkinkan untuk mencairkan DAU,” katanya.

Hal tersebut sesuai dengan pasal 2 ayat 1 Peraturan Menteri Keuangan nomor 125/PMK.07/2016 yang berbunyi DAU yang sebagian tertunda penyalurannya dapat disalurkan kembali pada tahun 2016 atau tidak perlu menunggu tahun anggaran 2017.

Sedangkan untuk DAU jatah bulan September dan Oktober masih terutang. Sehingga dipastikan bisa dicairkan pada tahun anggaran 2017. “Pasti ditransfer, dan kemungkinan tidak akhir tahun ini tapi tahun anggaran 2017,” lanjut Teguh.

DAU yang sudah dapat dicairkan tersebut nantinya akan diperuntukkan kembali untuk pembebasan lahan jalan lingkar selatan (JLS). Yang mana sudah tertuang dalam P-APBD 2016.

Diketahui sebelumnya, DAU Kabupaten Tuban dari Pemerintah Pusat ditunda pencairanya sebesar Rp 113,6 miliar. Hal itu sesuai surat yang diterima Pemkab Tuban, Selasa (23/8/2016) dari KemenKeu. Penundaan pencairan mulai September 2016 hingga Desember 2016. Kemudian setiap bulannya mengalami penundaan dana yang transfer sebesar Rp 28,4 miliar selama 4 bulan.

Pemangkasan itu disebabkan karena target penerimaan negara tidak cukup atau kurang dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBN-P). Sebanyak 169 pemerintah daerah yang mengalami penundaan pencairan DAU.

Biasanya setiap bulannya daerah menerima transfer dari pusat sesuai dengan permintaan dan rata-rata minimal Rp 90 miliar perbulan. Rencana sebelumnya Pemkab Tuban akan menerima DAU sebesar Rp 1,046 triliun, saat ini dipangkas sebesar Rp 113,6 miliar sehingga hanya mendapatkan DAU sebesar Rp 932,4 miliar. USUL PUJIONO

Facebook Comments

About the Author