Published On: Sab, Mar 5th, 2016

Hutan Dijarah Selama 2015, KPH Jatirogo Paling Merugi

TUBAN

ilustrasi-walhi

ilustrasi-walhi

seputartuban.com – Selama tahun 2015 kerugian Perhutani di 3 Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) akibat aksi pencurian kayu hutan mencapai Rp. 1.288.794.000. Jumlah tersebut total kerugian dari KPH Tuban, KPH Parengan dan KPH Jatirogo.

Data yang diterima, kerugian KPH Jatirogo selama  tahun 2015 telah kehilangan sebanyak 1.600 pohon. Dengan taksiran nilai kerugian mencapai Rp. 546.000.000. Paling rawan pencurian terjadi di BKPH Bahoro dan BKPH Nguluhan.

“Data itu berhasil kami dapat dari adanya pelaporan masyarakat dan beberapa diantaranya hasil penindakan petugas yang berhasil menggagalkan aktifitas pencurian,” terang Humas KPH Jatirogo. Eva Puji Astuti, kemarin.

Di wilayah Perhutani KPH Parengan, jumlah pohon yang dicuri relatif lebih banyak yakni 1.796. Namun ukuranya masing-masing relatif lebih kecil. Sehingga meski lebih banyak jumlahnya dibanding jumlah pohon yang hilang dikawasan Perhutani KPH Jatirogo, jumlah kerugianya lebih sedikit yakni Rp. 363.794.000.

Kawasan paling rawan di BKPH Mulyoagung, BKPH Malo dan BKPH Parengan. Untuk mengurangi aksi pencurian, KPH Parengan selain kerjasama dengan Polri, saat ini juga tengah menjalin kerjasama dengan Kodim 0811 Tuban.

“Lebih memaksimalkan peran Polhut untuk patroli khususnya kawasan rawan. Salah satu kawasan paling rawan adalah perbatasan Tuban dengan Kecamatan Malon,” ungkap Kasi Humas KPH Parengan, Sudarminto.

Sementara itu, KPH Tuban dalam kurun waktu yang sama mengalami kerugian lebih banyak dibanding KPH Parengan meski jumlah pohon lebih sedikit yakni 396 pohon. Karena ukuranya lebih besar, sehingga kerugianya lebih banyak meski jumlah pohon sedikit yakni Rp. 379.000.000. Kawasan paling rawan adalah di RPH Sigagak, BKPH Sundulan.

Bahkan belum lama ini pernah kejadian mandor disandra blandong. Kasusnya kini masih ditangani Polisi. “Rata-rata pencurian dilakukan menjelang dini hari. Kawasan rawan khususnya daerah perbatasan,” ungkap Kasi Humas KPH Tuban, Sueb.

Upaya untuk mengurangi tingginya tindakan pencurian KPH Tuban memaksimalkan patroli Polmob dan menambah jumlah petugas jaga dikawasan rawan. Karena pada Jumat (22/1/2016) 2 petugas KPH Tuban disekap. Kawan hutan petak 19 RPH Wangun, BKPH Sundulan. Polisi yang sudah mendapat laporan kejadian itu, hingga saat ini masih dilakukan penyelidikan. ARIF AHMAD AKBAR

Facebook Comments

About the Author