Published On: Jum, Feb 12th, 2016

Hujan Semalam, Sawah 7 Desa Terendam

RENGEL

PETANI MERADANG : Kondisi persawahan dengan tanaman padi yang terendam banjir

PETANI MERADANG : Kondisi persawahan dengan tanaman padi yang terendam banjir

seputartuban.com – Tingginya curah hujan sejak Rabu (10/02/2016) malam, hingga Kamis (11/02/2016) pagi sebabkan genangan air di Kecamatan Rengel, Kabupaten Tuban semakin meningkat. Areal persawahan di 7 desa kecamatan itu menjadi korban.

Data di Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten wilayah Kecamatan Rengel yang terdampak genangan diantaranya Desa Ngadirejo sawah yang terendam seluas 10 Hektar. Desa Rengel 5 Hektar, Desa Sawahan seluas 50 Hektar.

“Kurang lebih seluruhnya tujuh desa yang area persawahanya terendam. Beberapa diantara baru ditanami padi dan sisanya menjelang panen,” ungkap Sekretaris BPBD Pemkab Tuban, Joko Ludiono, Kamis (11/2/2016) pagi.

Kemudian di Desa Bulurejo sawah terendam seluas 20 Hektar. Desa Maibit terendam seluas 10 Hektar. Desa Prambon Wetan seluas 10 Hektar. Desa Kanorejo seluas 40 hektar. “Rata-rata untuk debit air yg menggenangi di persawahan tersebut berkisar dari kedalaman sekitar 40 cm sampai dengan 50 cm. Dengan kondisi sebagian besar persawahanya baru dilakukan penanaman,” lanjutnya.

Menurutnya Joko membutuhkan waktu lama membuat rendaman air berkurang. Lantaran air kiriman dari lereng bukit kapur tersebut tidak bisa masuk ke aliran sunga bengawan solo. Karena hanya mengandalkan resapan tanah dan aliran sungai. ARIF AHMAD AKBAR

Facebook Comments

About the Author