Published On: Kam, Nov 5th, 2015

Hujan Bukan Berarti Musim Hujan

Share This
Tags

TUBAN

PERALIHAN MUSIM : Gerimis mulai menerpa di beberapa wilayah Tuban, namun ini belum nenandakan memasuki musim hujan

PERALIHAN MUSIM : Gerimis mulai menerpa di beberapa wilayah Tuban, namun ini belum nenandakan memasuki musim hujan

seputartuban.com – Beberapa wilayah di Kabupaten Tuban mulai turun hujan, diantaranya diwilayah Kecamatan Jatirogo, Senori, Bangilan, Singgahan dan Montong. Intensitas hujan terjadi hanya beberapa menit.

Kepala BPBD Tuban, Joko Ludiono menjelaskan hujan yang terjadi disebabkan kenaikan suhu permukaan tanah dan air laut. Sehingga menimbulkan awan dan terjadi hujan intensitas rendah dan tidak lama. “Adanya hujan tersebut bukan berarti masuk musim hujan, sebab hujan bisa terjadi kapanpun dan tidak pasti musim hujan saja,” kata Joko, Rabu (4/11/2015) siang.

Berdasarkan pantauan terbaru Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Surabaya, musim hujan diperkirakan akan terjadi pada awal Desember. Namun itu pun belum dapat dipastikan, sebab ekstrimnya elnino menyebabkan berubah-ubahnya kondisi cuaca yang terjadi. “Untuk wilayah Tuban diperkirakan hujan akan terjadi awal Desember mendatang,” jelasnya.

Musim hujan bisa menyebabkan sejumlah bencana. Diantaranya puting beliung, tanah longsor, dan banjir bandang. Sehingga masyarakat diharapkan selalu waspada. “Masyarakat harus waspada terjadinya potensi bencana memasuki musim hujan,” pesanya. MUHLISHIN

Facebook Comments

About the Author