Published On: Sen, Agu 24th, 2015

Holcim Motor Baru Pertumbuhan Ekonomi Tuban

TAMBAKBOYO

TUBAN PLANT: Presiden Komisaris PT Holcim Kuntoro Mangkusubroto saat memberikan keterangan pers kepada wartawan, Senin (24/08/2015) pagi.

TUBAN PLANT: Presiden Komisaris PT Holcim Kuntoro Mangkusubroto saat memberikan keterangan pers kepada wartawan, Senin (24/08/2015) pagi.

seputartuban.com-Keberadan pabrik semen Tuban Plant 1 dan 2 milik  PT Holcim Indonesia di Desa Merkawang Kecamatan Tambakboyo yang luasnya mencapai 78 hektar, diharapkan dapat menjadi motor baru pertumbuhan ekonomi daerah di Kabupaten TUban dan Jawa Timur.

“Kita berharap ekspansi PT Holcim ini nantinya akan turut menjadi motor pertumbuhan ekonomi daerah di Tuban dan Jawa Timur,” kata Presiden Komisaris Holcim Indonesia, Kuntoro Mangkusubroto. kepada wartawan usai sesi peresmian Tuban Plant 1 dan 2 yang dilakukan Menteri Perindustrian Saleh Husin di Tambakboyo, Senin (24/08/2015) pagi.

Untuk itu, menurut Kuntoro, dalam aktivitas produksinya PT Holcim akan melakukan penyerapan tenaga kerja lokal dan keterlibatan komunitas lokal.

“Kami juga akan selalu mengoptimalkan penggunaan produk dalam negeri dalam setiap pengadaan barang dan jasa di lingkungan perusahaan,” tegas dia.

Dia menjelaskan, pabrik berkapasitas 3,4 juta ton per tahun ini melengkapi fasilitas produksi yang telah lebih dulu beroperasi yaitu di Narogong Jawa Barat dan Cilacap Jawa Tengah. Selain itu, perusahaan memiliki grinding plant di Ciwandan Banten.

“Dengan beroperasinya Tuban Plant ini maka kapasitas produksi mendekati 13 juta ton,” kata dia sembari menjelaskan sampai semester satu tahun 2015 ini PT Holcim telah mengenggam pangsa pasar 14 persen.

Sementara ketika ditanya kenapa PT Holcim lebih memilih pantai utara Pulau Jawa sebagai pusat produksi, Kuntoro beralasan karena secara efisiesi lebih dekat dengan pangsa pasarnya.

“Sehingga secara tidak langsung kami menghemat biaya pendistribusian dari sumber produksi,” imbuh Kuntoro.

Sebelumnya, dia mengaku pihaknya telah malakukan kajian dengan membaca letak geografis dan strategis. Pembangunan pabrik di Kabupaten Tuban karena kadar kapur yang dimiliki sangat bagus serta ditunjang mudahnya sarana prasarana.

“Hasil dari pabrik di Desa Merkawang dapat langsung diarahkan menuju pelabuhan untuk kemudian didistribusikan ke beberapa wilayah, terutama Indonesia bagian timur,” tandas Kuntoro. ARIF AHMAD AKBAR

Facebook Comments

About the Author