Published On: Sel, Jun 19th, 2012

Hobi Pelihara Burung, Hingga Jadi Pekerjaan Sampingan

Share This
Tags

Penulis : Istihar

SENORI

seputartuban.com – Para penghobi burung bertemu di Desa Jatisari, Kecamatan Senori, Tuban untuk mengikuti kontes dan menampilkan keahlian burung-burung peliharaannya. Hal ini untuk sekedar hobi hingga menjadi peluang pekerjaan, selasa (19/06/2012).

Burung peliharaan yang ditampilkan dalam ajang  acara tersebut ada beraneka ragam seperti Burung cendet, murai, cicakijo, kacer, dan lainnya karena yang di lombakan mulai dari suara kicauan, bentuk, warna dan keindahan bulu burung, hingga kecepatan terbangnya.

Dari beberapa jenis burung yang tampilkan burung jenis Cendet yaitu burung lokal yang paling menarik kicaunya merupakan paling sering diiukutkan lomba. Sehingga jenis burung ini menjadi incaran sejumlah penghobi burung, dan hal ini memunculkan peluang pekerjaan karena permintaan burung Cendet makin banyak.

Saat dikonfirmasi seputartuban.com, Kholid alias Londo (30), salah satu peserta mengatakan saat ini burung Cendet lagi diminati. Dan tidak jarang para pembeli berani menawar dengan harga lumayan tinggi.

“Burung cendet lagi naik daun, biasanya setelah menang kontes dapat laku dijual Rp. 300 ribu karena pembelinya dari kalangan lokal” ujarnya.

Londo, menambahkan bahwa dirinya mendapatkan burung cendet dari pelosok desa dengan harga puluhan ribu hingga ratusan ribu. Dan saat membeli dari warga setidaknya memiliki beberapa ciri-ciri khusus diantaranya berparuh besar dan tegak. Kemudian dipelihara dan dilatih sampai memiliki kemampuan berkicau siap tanding.

Foto : Kontes burung di Desa Jatisari, Kec. Senori, Kab. Tuban

Facebook Comments

Print Friendly, PDF & Email

About the Author

Berita Terkini

Videos