Published On: Sel, Jul 16th, 2019

Hari Pertama Sekolah, Disdik Tuban Kekurangan Ribuan Guru

TOTAL POSITIF
ORANG
Positif
TOTAL SEMBUH
ORANG
Sembuh
TOTAL MENINGGAL
ORANG
Meninggal
INDONESIA

POSITIF , SEMBUH , MENINGGAL

Indonesia
Sumber data : Kementerian Kesehatan & JHU. Update terakhir :

seputartuban.com, TUBAN – Hari pertama tahun ajaran baru, Senin (15/7/2019) Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Tuban kekurangan 1.567 tenaga pengajar. Kekurangan tersebut dikarenakan banyaknya guru yang sudah habis masa jabatan (Pensiun) serta guru yang meninggal dunia.

Kepala bidang Ketenagaan, Dinas Pendidikan Kabupaten Tuban, Rasmani.

Hal itu diungkapkan Kepala Bidang Ketenagaan, Dinas Pendidikan Kabupaten Tuban, Rasmani, Senin (15/7/2019) di ruang kerjanya mengatakan bahwa kekurangan guru tersebut terdiri dari tenaga pengajar jenjang pendidikan Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Pertama (SMP).

“Data ini sudah kami sampaikan ke (Badan Kepegawaian Daerah) BKD Kabupaten Tuban. Kami berharap agar kekurangan petugas ASN dan P3K ini segera terpenuhi sesuai dengan undang undang ASN,” terangnya.

Masih menurut dia, dari data yang dimiliki per Januari 2019, Kekurangan guru untuk jenjang SD tersebut sebanyak 401 tenaga pengajar Pendidikan Agama Islam dan 371 tenaga pengajar Pendidikan Olahraga.

Sedangkan untuk jenjang SMP, pihaknya masih kekurangan 51 tenaga pengajar mata pelajaran Bahasa Indonesia, 120 tenaga pengajar Bimbingan Konseling, 22 tenaga pengajar IPA, 45 tenaga pengajar Bahasa Jawa. Serta 29 tenaga pengajar Pendidikan Agama, 41 tenaga pengajar Pendidikan Jasmani, 55 tenaga pengajar Seni Budaya, dan 25 tenaga pengajar PKN.

Pihaknya menghawatirkan, dari ketidak seimbangan rasio antara peserta didik dan tenaga pengajar, baik untuk sekolah dasar maupun tingkat menengah pertama tersebut, dapat mengakibatkan menurunya pencapaian indeks kualitas pendidikan.

“Untuk sementara kekuranganya sudah kita penuhi dari tenaga pengajar GTT yang sudah ada, kami berharap untuk program pemerintah kedepan nanti segera mengisi kekosongan tersebut dengan petugas ASN mupun P3K,” pungkasnya. ARIF AHMAD AKBAR

Facebook Comments

Print Friendly, PDF & Email

About the Author

Videos

TOTAL POSITIF
ORANG
Positif
TOTAL SEMBUH
ORANG
Sembuh
TOTAL MENINGGAL
ORANG
Meninggal
INDONESIA

POSITIF , SEMBUH , MENINGGAL

Indonesia
Data Update Coid-19 Indonesia Sumber data : Kementerian Kesehatan & JHU. Update terakhir :