Published On: Sab, Jan 16th, 2016

Harga Sapi Turun Hingga Rp. 2,5 Juta

Share This

JATIROGO

Aktivitas pasar sapi

Aktivitas pasar sapi

seputartuban.com – Para peternak sapi nampaknya harus menahan diri jika akan menjual peliharaanya. Karena saat ini harga jual di pasar sapi menurun tajam. Berkisar anatara Rp. 1,5 juta hingga Rp. 2,5 juta per ekor. Menurut Dinas Pertanian, hal ini murni dikarenakan adanya permai

nan harga pasar yang dilakukan pihak tertentu. Pedagang Sapi Pasar Hewan Jatirogo, Saelan, mengatakan harga sapi turun drastis sebulan terakhir. Dia tidak tahu penyebab pasti turunya harga tersebut, “Sebelumnya sapi jantan besar mencapai Rp 15 juta, kini Rp 13 juta,” katanya, Jumat (15/1/2016).

Saat ini para peternak lebih memilih tidak menjual peliharaanya. Karena tengkulak membeli sapi dengan harga lebih murah, hal itu disesuaikan dengan kondisi harga pasar. Padahal sebelumnya, para peternak yang juga petani, biasanya banyak menjual sapi. Mereka membutuhkan modal pertanian, salah satu jalanya adalah menjual hewan peliharaanya.

Kabid Peternakan, Dinas Pertanian (Disperta) Kabupaten Tuban, Pipin Diah Larasati, memastikan menurunnya harga sapi dipasaran itu murni karena permainan pasar. Karena saat ini tidak ada impor sapi yang dilakukan pemerintah. “Ini murni permainan pasar, karena apa? Saat ini tidak ada impor sapi yang dilakukan pemerintah,” ujarnya.

Perkiraan lainya adalah turunnya harga sapi itu karena sedikitnya pembeli. Namun disaat yang sama sejumlah petani membutuhkan dana untuk modal tanam, sehingga banyak yang menjual hewan peliharaanya. “Selain itu, Adanya petani yang menjual sapi untuk modal tanam, bisa juga menjadi faktornya,” pungkasnya. USUL PUJIONO

Facebook Comments

About the Author