Published On: Sab, Jun 18th, 2016

Harga Sapi Tidak Setinggi Dagingnya

Share This

JATIROGO

seputartuban.com – Harga sapi nampaknya tidak sebanding dengan dagingnya. Jika harga daging tembus diatas Rp. 100 ribu per-Kg, namun harga sapi hingga kini masih normal, bahkan beberapa lainya dibawah harga normal.

Aktivitas pasar sapi

Aktivitas pasar sapi

Pedagang sapi di pasar hewan Jatirogo, Rasmaji, mengatakan bahwa harga sapi saat ini masih tergolong stabil. Harga sapi jantan besar kisaran Rp. 13 Juta hingga Rp. 15 Juta, sedangkan harga sapi jantan normal kisaran Rp. 9 Juta hingga Rp. 11 Juta. Pedagang yang sekaligus tukang jagal sapi ini melanjutkan, sedangkan harga sapi hidup untuk siap potong, dihargai Rp. 42 ribu sampai Rp. 44 ribu per kilogram, menurutnya harga itu diperkirakan stabil sampai Lebaran. “Jika ada kenaikan daging sapi berarti itu terjadi di pedagang,” katanya, Jumat (17/6/2016).

Dia melanjutkan, tradisi melambungnya harga daging sapi segar menjelang lebaran itu murni karena permainan pedagang di pasar. Walaupun mendekati lebaran masyarakat membutuhkan daging yang cukup banyak, menurutnya tidak terlalu berpengaruh karena pasokan daging sapi khususnya di daerah jatirogo selalu aman. “Itu sudah menjadi kebiasaan pedagang daging di pasar untuk menaikkan harga daging,” tandasnya.

Sementara itu, pedagang kambing asal desa Sidomukti Kecamatan Kenduruan, Trimo (47), menjelaskan, bahwa harga kambing masih normal, jenis kambing jawa kacang jantan kini sekitar Rp. 1,4 juta sampai Rp. 1,6 juta. Sedangkan untuk induk betina sekitar Rp. 1,3 jutaan. “Betina gemuk Rp. 1,5 Juta,” katanya.

Untuk kambing Gibas betina umumnya dengan harga Rp. 700 Ribu sampai Rp. 1 jutaan. Untuk Gibas jantan kisaran Rp. 1,2 Jutaan. “Kalau Gibas hias harganya tinggi, sedang yang untuk pedaging sekitar Rp. 1,2 jutaan yang jantan,” pungkas Trimo.

Diketahui, harga daging sapi segar di pasar tradisional Jatirogo, kisaran Rp. 90 Ribu hingga Rp. 110 Ribu per kilogramnya. Harga tersebut jauh dari harga normal daging sapi yang kisaran Rp. 75 Ribu per kilogram. Sedangkan harga daging kambing segar sekitar Rp. 60 Ribu sampai Rp. 80 Ribu per kilogramnya. USUL PUJIONO

Facebook Comments

About the Author