Published On: Ming, Feb 21st, 2016

Harga Sapi Dan Kambing Kembali Normal

JATIROGO

 

HARGA NAIK : Kondisi pasar sapi Jatirogo mulai ramai pembeli

HARGA NAIK : Kondisi pasar sapi Jatirogo mulai ramai pembeli

seputartuban.com – Awal tahun harga sapi sempat mengalami penurunan drastis. Namun pertengahan februari harga sapi dan kambing beranjak normal kembali. Kenaikan itu disebabkan daya beli masyarakat kembali naik, menyusul sejumlah kawasan petani mulai panen.

Pedagang Sapi Pasar Hewan Jatirogo, Saelan, mengatakan harga sapi sempat turun drastis. “Umumnya sapi jantan besar mencapai Rp. 15 juta, awal tahun bisa turun Rp. 13 juta, kini harga normal kembali,” katanya, Jumat (19/2/2016).

Menurutnya harga sapi berangsur stabil sejak seminggu lalu. Dia mengaku jumlah pembeli semakin meningkat. “Ini merupakan kondisi yang cukup sehat untuk dagang,” imbuhnya.

Sementara itu, harga kambing diketahui juga berangsur naik. Penjual kambing asal Desa Soto, Kecamatan Bangilan, Sujono, mengatakan saat ini kondisi pasar mulai ramai pembeli. “Harga kambing naik mulai dari Rp. 300 sampai Rp. 500 ribu,” tuturnya.

Sedangkan harga kambing betina yang sebelumnya dengan harga Rp. 1,3 juta, saat ini bisa laku terjual Rp. 1,6 juta. Sedang untuk kambing jantan mengalami kenaikan antara Rp. 250-Rp. 500 ribu. “Bahkan Kambing jantan kini bisa laku sampai Rp. 3 juta,” jelasnya.

Sujono berharap harga kambing tersebut agar tetap stabil. Dia juga mengakui harga kambing saat ini sudah harga normal. “Ketika harga bisa stabil dan masuk akal, antara penjual dan pembeli juga merasa puas,” ungkapnya.

Dia memperkirakan, kondisi demikian tidak hanya terjadi di pasar Jatirogo namun di beberapa pasar hewan seperti pasar hewan di Kerek, Rembang dan Tuban mengalami hal yang sama.

Hanya saja untuk kambing jenis peranakan etawa (PE) harganya kurang bersahabat untuk para pencari kambing. Kambing PE jantan dewasa harganya mencapai Rp. 4 sampai Rp. 5 juta. Sedang untuk yang betina dewasa kisaran Rp. 3 jutaan. USUL PUJIONO

Facebook Comments

Print Friendly, PDF & Email

About the Author