Published On: Ming, Okt 19th, 2014

Harga Naik, Petani Tembakau Senori Beruntung

Share This
Tags

SENORI

BERUNTUNG : Petani tembakau Desa Wanglu Wetan langsung menjual tembakaunya usai panen

BERUNTUNG : Petani tembakau Desa Wanglu Wetan langsung menjual tembakaunya usai panen

seputartuban.com – Musim kemarau ini dan ketersediaan air yang masih mempau memenuhi kebutuhan pengarian sawah, membuat petani tembakau di Desa Wanglu Wetan, Kecamatan Senori, Kabupaten Tuban dapat tersenyum lebar. Karena tanaman tembakau yang dipanen memiliki kwalitas baik, serta naiknya harga jual semakin membuat para petani ini beruntung.

Pada masa panen musim yang sama tahun lalu, harga jual tembaku langsung tanpa proses atau langsung dari sawah Rp. 1.700 per-Kg naik menjadi Rp. 2.700 per-Kg. Sedangkan jika sudah proses rajangan kering harga tembakau di desa ini dapat mencapai Rp. 18.500 per-Kg.

Petani memilih menjual langsung hasil panen tembakaunya usai panen. Tidak memproses terlebih dahulu. Dengan kapasitas hasil panen rata-rata 16 ton per hektar.

Karena jika ingin menjual dengan kondisi kering dan rajangan, petani membutuhkan waktu 1 bulan untuk mengeringkan tembakau. Kemudian memisahkan daun dan batang, hal ini selain membutuhkan, waktu lama juga memerlukan tenaga kerja lebih.

“Menanam sampai panen saja sudah 90 hari ditambah lagi 1 bulan dan tenaga kerja serta dananya. Kita milih langsung jual saja ke orang Jogjakarta atau Magelang,” ungkap Nu Khamim (42), Jumat (17/10/2014) usai memanen tembakaunya. ARIF AHMAD AKBAR

Facebook Comments

Print Friendly, PDF & Email

About the Author

Videos