Published On: Sab, Apr 2nd, 2016

Harga BBM Turun, Tarif Angkutan Umum Dipastikan turun

TUBAN

MPU di Tuban

MPU di Tuban

seputartuban.com – Dinas Perhubungan (Dishub) kabupaten Tuban melakukan penyesuaian tarif angkutan umum dengan harga Bahan Bakar Minyak (BBM). Hal itu sesuai Peraturan Bupati (Perbup) No 19 tahun 2015 tentang Tarif Angkutan Perkotaan dan Angkutan Perdesaan.

Mulai 1 April 2016, harga jenis premium dan solar turun. Penurunan harga itu sebesar Rp.500 perliter untuk dua jenis BBM itu, di wilayah Jawa Timur dan Bali. Harga premium yang awalnya Rp.7,050 menjadi Rp. 6,550 per liter. Sementara untuk solar yang awalnya Rp. 5,750 menjadi Rp. 5,250 per-liter.

Kepala Dishub Pemerintah Kabupaten Tuban, Ahmad Paraith, Jumat (1/4/2016), mengatakan sesuai Perbup tersebut dengan turunnya harga BBM maka tarif angkutan umum juga disesuaikan.

Diketahui, sebelumnya tarif angkutan dalam kota sebesar Rp 3.200 untuk umum dan Rp 1.600 untuk pelajar. Mulai 1 April ini tarifnya turun menjadi Rp. 3,000 untuk umum dan Rp.1,500 untuk pelajar. Tarif tersebut sudah termasuk Premi Asuransi Jasa Raharja, Rp. 60. “Tarif angkutan umum turun Rp.100 sampai Rp. 500 tergantung kawasan tempuhnya,” katanya.

Paraith melanjutkan, bahwa pihaknya terus mengawasi ketentuan tarif tersebut pada angkutan umum dan melaporkan hasil pelaksanaan secara berkala kepada Bupati. Dishub juga sudah menyampaikan secara tertulis kepada paguyuban angkutan dan pelaku usaha angkutan untuk menurunkan tarif. “Tiap tiga bulan sekali Dishub juga mengumpulkan paguyuban angkutan, didalamnya juga mengkoordinasikan terkait tarif angkutan,” sambungnya.

Faraith mengaku selama ini pihaknya belum menerima pengaduan masyarakat terkait angkutan umum di Tuban. “Jika memang ada angkutan yang nakal, kami akan melakukan teguran serta sanksi administrasi. Selama ini belum ada pengaduan atau keluhan dari masyarakat terkait hal ini,” pungkasnya. USUL PUJIONO

Facebook Comments

About the Author