Published On: Sel, Okt 1st, 2013

Harga Anjlok, Tomat Dibiarkan Membusuk

Share This
Tags

TUBAN

seputartuban.com – Para petani tomat nampaknya harus menghela nafas panjang. Pasalnya harga komoditas pertanian ini sedang “terjun bebas”. Akibatnya membuat petani merugi, sehingga memilih membiarkan busuk tomat yang sudah memasuki masa panen.

Petani Tomat Tuban

MERUGI : Petani tomat dikawasan Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban

Seperti diakui salah satu pertani asal Desa Bogorejo, Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban, Warno (43), saat dikonfirmasi Senin (30/09/2013) diladangnya menuturkan dia sedang rugi besar. Beberapa waktu lalu harga tomat sekitar Rp. 4.000 per-Kg bahkan sempat mencapai Rp. 8.000 per-Kg. “Harga jual tomat saat ini Rp. 1.000 per kilogram, jauh di bawah harga biasanya. Dengan kondisi ini jelas membuat kami para petani tomat rugi,” katanya.

Anjloknya harga tomat dipasaran, menurut bapak satu anak ini, disebabkan banyaknya petani yang menanam pada saat bersamaan. Sehingga saat memasuki masa panen, jumlah tomat dipasaran berlimpah.Selain itu di Kabupaten Tuban belum ada pasar khusus yang menerima hasil pertanian. “Musim tanam lalu saya mengeluarkan modal untuk menanam tomat sekitar Rp. 7 juta. Namun saat ini tomat hampir tidak laku karena jumlahnya banyak,” katanya.

Karena kondisi ini, petani ada yang membiarkan tomatnya membusuk. Dan dapat sekaligus dijadikan pupuk. Daripada menjualnya dibawah yang sangat murah ini. “Mau dipanen juga butuh ongkos, ya lebih baik dibiarkan busuk jadi pupuk,” imbuhnya. (jib)

Facebook Comments

Print Friendly, PDF & Email

About the Author

Videos