Published On: Kam, Mei 3rd, 2018

Hardiknas, Massa LMND Tidak Ditemui Anggota Dewan

seputartuban.com, TUBAN – Dalam memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Liga Mahasiswa Nasional Demokrasi (LMND), Rabu (2/5/2018) menggelar aksi unjuk rasa di DPRD Tuban.

Massa LMND saat berunjukrasa di Gedung DPRD Tuban

Aksi dimulai dengan jalan kaki dari kawasan Jalan Sunan Kalijajaga kemudian berhenti di Patung Letda Sucipto Tuban untuk orasi. Aksi dilanjutkan ke Gedung DPRD Tuban.

Mereka menyampaikan sejumlah tuntutan, yakni liberalisasi pendidikan dihentikan, hentikan privatisasi, hentikan komersialisasi dan laksanakan pasal 33 UUD 1945 sekolah gratis. Juga wujudkan pemerataan infrastruktur pendidikan nasional serta menolak masuknya universitas asing yang mengikis kualitas pendidikan nasional.

Ketua Umum LMND Tuban Abdul Razak, saat di Gedung DPRD Tuban dalam orasinya mengatakan era neoliberalisme saat ini menjadikan pendidikan sebagai komoditas bisnis. Atas kondisi tersebut yang diuntungkan besar dari pendidikan nasional adalah para pemodal.

“Kebijakan yang mahal ini memang sangat merisaukan. Karena mengubur impian mobilitas kelas sosial bawah untuk memperbaiki kelas sosialnya,” katanya.

Dalam aksi tersebut, para mahasiswa mengaku kecewa. Karena tidak ada anggota dewan yang membidangi pendidikan maupun Ketua DPRD menemui mereka. Hanya di temui Kabag Humas Sri Dihajati.

“Semua anggota dewan yang membidangi lagi tidak ada di tempat. Dan Pak Ketua Dewan juga lagi ada kunjungan kerja di daerah Tuban. Kami akan melaporkan apa yang menjadi aspirasi dari mahasiswa,” katanya. RHOFIK SUSYANTO

Facebook Comments

About the Author