Published On: Sel, Sep 20th, 2016

Harapan Baru, Persiapan Lokasi Pemboran Sumur ABP 1 Jamprong Dimulai

TUBAN

seputartuban.com – Pertamina EP Cepu Asset 4 tengah memulai sejumlah kegiatan penyiapan awal proses pemboran Sumur Albatros Putih 1 (ABP) di Desa Jamprong, Kecamatan Kenduruan, Kabupaten Tuban. Yakni pembersihan lahan (land clearing), persiapan lokasi serta pembuatan tapak lokasi.

DIMULAI : Akivitas pemadatan jalan masuk lokasi kawasan pemboran sudah dimulai

DIMULAI : Akivitas pemadatan jalan masuk lokasi kawasan pemboran sudah dimulai

Menurut Field Manager Pertamina EP Cepu Asset 4, Agus Amperianto, Senin (19/9/2016) menjelaskan luas lahan yang diperlukan lebih kurang mencapai 4,9 hektar untuk kebutuhan lokasi dan jalan masuk. Dengan menargetkan drilling pemboran sumur kedalaman sekitar 2500 meter. Belum dapat diperkirakan jumlah cadangan minyak di sumur tersebut.  “Saat ini kegiatan persiapan lokasi sedang proses clearing (lokasi) dan pemadatan jalan masuk. Perkiraan cadangan migas setelah dilakukan uji kandung lapisan saat akhir pemboran,” katanya.

Agus yang juga biasa blusukan ke wilayah kerjanya itu berharap agar masyarakat mendukung dan mendoakan upaya yang dilakukan untuk menambah cadangan minyak nasional tersebut. “Bisa mendukung program strategis negara ini dalam hal pencarian sumber cadangan migas baru utk ketahanan energi dan pasokan minyak di dalam negeri. Sehingga saya harapkan kegiatan didukung penuh kegiatan ini hingga selesai nanti,” harapnya.

Saat ini seluruh proses perizinan di pemerintah daerah sudah diselesaikan. Termasuk pembebasan lahan yang akan dipakai aktivitas pemboran juga sudah dibayar penuh. “Sudah dilaksanakan penandatanganan dokumen pembebasan tanah dan  pembayaran kompensasi pada tanggal 25 dan 26 Agustus 2016,” jelasnya.

Sebagai informasi terdapat 3 pemilik tanah atas nama Tosrip, Wiji dan Ratmi yang baru diketahui terkena jalur jalan masuk ABP belum dilakukan pembayaran. Karena tanah mereka sebelumnya sebelumnya dianggap tanah Negara. Terhadap tanah 3 orang pemilik tersebut akan segera diproses pembayarannya setelah dokumen kepemilikan tanah diverifikasi oleh Perangkat Desa, notaris, dan dilaksanakan ukur oleh BPN. CIPNAL

Facebook Comments

About the Author